comscore

5 Alasan Green Job Akan Diminati di Indonesia

Medcom - 04 Januari 2022 16:41 WIB
5 Alasan <i>Green Job</i> Akan Diminati di Indonesia
Pengembangan energi terbarukan banyak membuka peluang kerja. Foto: AFP
Jakarta: Banyak yang belum mengenal apa itu green job. Secara sederhana, peneliti Coaction Indonesia, Siti Koiromah, mengatakan green job memiliki lima tujuan. 

Pertama melindungi dan memulihkan ekosistem; kedua meningkatkan efisiensi energi dan bahan baku; ketiga meminimalkan limbah dari proses produksi dan polusi yang dihasilkan; keempat membatasi emisi gas rumah kaca; dan kelima mendukung adaptasi terhadap perubahan iklim.
Dari berbagai penelitian, Koiromah yakin green job ini akan semakin booming. Tak hanya di Indonesia, melainkan juga di dunia. Apa saja alasannya?

1. Kesadaran masyarakat tentang isu perubahan iklim meningkat

Kesadaran masyarakat meningkat dalam hal menjaga lingkungan. Hal ini mendorong tumbuhnya usaha kecil yang juga berkontribusi terhadap lingkungan. Contohnya, usaha yang memanfaatkan limbah. Seperti mendaur ulang kemasan sabun menjadi tas atau memproduksi kertas daur ulang.

Saat ini banyak perusahaan yang memiliki divisi sustainability. Itu berarti perusahaan tersebut sudah memiliki pandangan ke depan untuk terlibat dalam upaya pelestarian lingkungan. Dengan adanya divisi sustainability, suatu perusahaan harus patuh terhadap berbagai regulasi yang terkait keberlanjutan. Misalnya, proses produksi ataupun bahan baku.

"Perusahaan yang menerapkan prinsip keberlanjutan juga mempunyai nilai plus. Mereka bisa meyakinkan konsumen bahwa operasional perusahaan mereka meminimalkan perusakan terhadap lingkungan. Limbah juga menjadi sangat minimal. Bisa jadi akan semakin banyak industri yang akan menerapkan prinsip sustainability seperti itu," kata Koiromah melalui keterangan tertulis, Selasa, 4 Januari 2022. 

Baca: Ujung Tombak Transisi Energi

Namun, ia mengamati pekerja di industri daur ulang sering kali merupakan orang yang pendidikannya rendah, sehingga penghasilannya belum bisa dibilang layak. Padahal, kontribusinya terhadap lingkungan sangat besar. Sementara, syarat green job adalah suatu pekerjaan harus layak secara ekonomi. 

Artinya, orang tersebut harus mendapatkan penghasilan yang baik agar dapat hidup sejahtera. Misalnya, mendapat asuransi dan tidak bekerja melampaui jam normal. 

Dengan begitu, ia mendapatkan hak yang sesuai dengan kewajibannya. "Inilah yang disebut green job dan terus didorong oleh Coaction Indonesia," kata dia.

2. Tersebar di banyak bidang

Banyak pertanyaan yang mengemuka terkait profesi dan jenis pekerjaan yang termasuk dalam green job. Seandainya bekerja di bidang yang umum seperti tenaga marketing atau bekerja di organisasi yang berfokus di bidang konservasi, apakah pekerjaan kita tergolong green job?







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id