Menabung Emas Pakai Minyak Jelantah

    Ade Hapsari Lestarini - 03 Oktober 2020 14:48 WIB
    Menabung Emas Pakai Minyak Jelantah
    Ilustrasi minyak jelantah. Foto: Medcom.id/Harianty.
    Jakarta: PT Pertamina (Persero) dan PT Pegadaian (Persero) berkolaborasi mengubah minyak jelantah menjadi tabungan emas. Pengelolaan sampah melalui Bank Sampah Pertamina dengan Bank Sampah Pegadaian ini mengubah minyak jelantah menjadi biodiesel yang mengusung program Memilah Sampah Menabung Emas.

    Melalui inovasi ini, diharapkan bisa menanggulangi permasalahan sampah dan lingkungan, sekaligus juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mendapatkan nilai keekonomian lebih tinggi.

    Corporate Secretary Pertamina Tajudin Noor mengatakan kerja sama antara Pertamina dengan Pegadaian dalam hal pengelolaan Bank Sampah merupakan sinergi antar BUMN yang mengedepankan aspek inklusif dan kolaboratif untuk membangun kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah.

    Melalui program ini, Pertamina dan Pegadaian berharap dapat berkontribusi mendukung pemerintah pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) poin tujuh energi bersih dan terjangkau, poin delapan peningkatan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, poin 12 konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab, serta pencapaian SDGS poin 17 revitalisasi kemitraan global.

    "Diharapkan selain lebih peduli terhadap lingkungan, masyarakat juga semakin sadar bahwa sampah juga memiliki nilai ekonomi, sekaligus kami ingin mengedukasi masyarakat untuk bisa lebih ramah lingkungan dengan mengelola sampah," ujarnya, dalam keterangan resminya, Sabtu, 3 Oktober 2020.

    Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menambahkan Bank Sampah yang menjadi binaan Pertamina telah berhasil mengolah minyak jelantah menjadi bahan bakar biodiesel. Bahkan telah mendapatkan sertifikasi sehingga ada peluang untuk mendukung gerakan energi baru terbarukan.
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id