Semen Gresik dan 6 BUMDes Bentuk Perusahaan Patungan

    Annisa ayu artanti - 10 April 2020 07:59 WIB
    Semen Gresik dan 6 BUMDes Bentuk Perusahaan Patungan
    Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Medcom.id/Suci Sedya Utami.
    Jakarta: PT Semen Indonesia Tbk melalui anak usahanya PT Semen Gresik melakukan penandatanganan perusahaan patungan dengan enam PT BUMDes di Rembang.

    Perusahaan patungan ini didirikan untuk mengoptimalkan upaya peningkatan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat di sekitar Pabrik Rembang, seperti pembangunan ekonomi desa, peningkatan pendidikan dan pengembangan infrastruktur.

    Perjanjian pendirian perusahaan patungan ditandatangani oleh Direktur Utama Semen Gresik, Muhammad Saifudin dengan masing-masing Direktur Utama PT BUMDes di Rembang dan disaksikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa tengah Ganjar Pranowo, dan Direktur Utama SIG Hendi Prio Santoso melalui video conference.

    Direktur Utama SIG Hendi Prio Santoso menjelaskan komposisi kepemilikan saham dalam perusahaan patungan ini adalah 52 persen saham dimiliki oleh Semen Gresik dan 48 persen saham dimiliki oleh PT BUMDes secara bersama-sama. Ia berharap dengan komposisi perusahaan patungan ini mampu meningkatkan percepatan kemampuan wirausaha BUMDes.

    "Pengembangan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) di sekitar Pabrik Rembang merupakan wujud komitmen perusahaan dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pengelolaan potensi desa," kata Hendi dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 10 April 2020.

    Erick menambahkan model kolaborasi antara Semen Gresik dan BUMDes seperti ini seharusnya dilakukan antarperusahaan pelat merah dan masyarakat sekitar. Sebab kolaborasi ini merupakan win-win solution dan dapat menciptakan ekosistem bisnis yang sehat.

    "Community Development model baru ini lebih sustainable dan dapat menjadi percontohan bagi BUMN lain," kata Erick.

    Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga mengungkapkan bahwa pendirian perusahaan patungan ini adalah bagian dari rencana pemberdayaan masyarakat di sekitar Pabrik Rembang.

    "Ini sejalan dengan program strategis Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat pedesaan," ucap Ganjar.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id