comscore

Pertamina Promosikan Pemanfaatan Energi Terbarukan di Indonesia

Rosa Anggreati - 23 Maret 2022 10:11 WIB
Pertamina Promosikan Pemanfaatan Energi Terbarukan di Indonesia
Melalui Dubai Expo yang digelar pada akhir pekan lalu, Pertamina mempromosikan pemanfaatan energi terbarukan di Indonesia (Foto:Dok)
Jakarta: Pertamina terus mengembangkan diri menjadi perusahaan energi global yang memimpin transisi industri energi. Melalui Dubai Expo yang digelar pada akhir pekan lalu, Pertamina mempromosikan pemanfaatan energi terbarukan di Indonesia.

"Pertamina berkomitmen untuk dikenal tidak hanya sebagai pemain energi global, tetapi juga sebagai perusahaan yang ramah lingkungan, bertanggung jawab secara sosial dan menjunjung tinggi tata kelola perusahaan yang baik," kata Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati pada gelaran media briefing Dubai Expo, Jumat, 18 Maret 2022
 
Indonesia memiliki potensi besar dalam peningkatan kapasitas energi terbarukan, terutama yang bersumber dari panas bumi. Saat ini, Indonesia memiliki 13 wilayah kerja energi panas bumi dengan total kapasitas 1.877 megawatt.
"Kami percaya sumber daya panas bumi Indonesia yang melimpah yang tersebar di cincin api dapat menjadi tulang punggung yang kuat untuk mempercepat transisi energi, yang sejalan dengan tujuan pemerintah indonesia untuk mencapai emisi nol bersih," ucap Nicke Widyawati. 

Tak semata ajang promosi, Dubai Expo juga menjadi peluang Pertamina untuk menggandeng  investor yang peduli terhadap energi baru dan terbarukan (EBT).

Pertamina Promosikan Pemanfaatan Energi Terbarukan di Indonesia

Senior Vice President Strategy and Investment Pertamina Daniel Purba mengatakan Pertamina tengah menargetkan investasi dan kolaborasi dengan perusahaan di Uni Emirat Arab terkait energi hijau dan berkelanjutan.

Upaya penjajakan dilakukan dengan melihat teknologi energi hijau dan pengembangan energi terbarukan yang sudah dikembangkan di Uni Emirat Arab (UEA).

"Kami sedang berdiskusi dengan beberapa perusahaan UEA. Saat ini, ada diskusi yang cukup intensif terkait energi bersih yang berkelanjutan. Strategi yang kami lakukan untuk menjajaki kerja sama dengan banyak investor adalah dengan melihat teknologi energi hijau dan pengembangan energi terbarukan yang sudah dikembangkan di UEA, untuk diterapkan dan diimplementasikan di Indonesia," ujar Daniel Purba. 

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Pertamina Geothermal Energy Ahmad Yuniarto mengungkap adanya pembahasan kerja sama dengan investor dari UEA untuk mendukung Pertamina geothermal energy sebagai kekuatan bisnis energi baru dan terbarukan. 

"Bersama dengan perusahaan holding Pertamina, saat ini kami sedang menjalin diskusi dengan beberapa pihak dari UEA dalam menjajaki kemitraan terkait teknologi dan dalam menciptakan sinergi lebih lanjut antarorganisasi," kata Ahmad Yuniarto.

(ROS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id