comscore

Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional Berhasil Kumpulkan Bahan Baku Daur Ulang Plastik 500 Ton/Bulan

Rosa Anggreati - 28 Desember 2021 16:53 WIB
Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional Berhasil Kumpulkan Bahan Baku Daur Ulang Plastik 500 Ton/Bulan
Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI) dan Le Minerale berhasil menerapkan proyek uji coba pengurangan sampah sepanjang 2021 (Foto: Instagram @adupi_indonesiaofficial)
Jakarta: Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI) dan Le Minerale berhasil menerapkan proyek uji coba pengurangan sampah sepanjang 2021.

Uji coba tersebut dilakukan dengan melibatkan tujuh mitra pengepul dan bank sampah. Rata-rata mitra mampu mengumpulkan lebih dari 500 ton per bulan bahan baku daur ulang plastik (DUP) jenis PET (polietilena tereftalat), yaitu terdiri atas kemasan botol minum dan galon. Kalkulasi tersebut belum termasuk pengumpulan bahan baku jenis lainnya, yaitu PP, PE, dan PVC.
Proyek uji coba tersebut dilakukan mendahului rencana implementasi Permen LHK Nomor 75 Tahun 2019 tentang Peta Jalan Pengurangan Sampah oleh Produsen yang akan mulai diuji coba pada 1 Januari 2022.

Keberhasilan dari mitra-mitra tersebut membantu meningkatkan kemampuan dan kualitas pengumpulan bahan baku DUP lebih dari 20 persen dari kapasitas awal. 

Keberhasilan tersebut tak lepas dari program Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional (GESN). Dalam mengumpulkan bahan baku daur ulang plastik, tujuh mitra dampingan ADUPI-Le Minerale menggandeng 427 supplier pengepul, melibatkan lebih dari seribu nasabah bank sampah, mempekerjakan 127 tenaga kerja, dan menyuplai lebih dari 3 ribu ton bahan baku ke 22 pabrik daur ulang plastik anggota ADUPI. 

Capaian tersebut menjadi bukti bahwa ekonomi sirkular bekerja lebih cepat melalui program GESN.

Pada 2022, ADUPI dan Le Minerale berencana memperkuat program GESN dengan menerapkan sejumlah inovasi baru di wilayah Jabodetabek, Banten, dan Jawa Barat. Tak hanya itu, ADUPI dan Le Minerale juga berambisi memperluas dan menduplikasikan program GESN di beberapa wilayah lainnya di Jawa Timur, Bali, dan Lombok.

(ROS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id