comscore

Cara Asyik Urai Sampah Plastik melalui Bulk Store

MetroTV - 20 Juli 2021 12:26 WIB
Cara Asyik Urai Sampah Plastik melalui Bulk Store
Tangkapan layar Metro TV
Makassar: Sebagai langkah mengurangi limbah rumah tangga yang sulit terurai, sekelompok pemuda di Kota Makassar punya cara asyik. Mereka mendirikan sebuah bulk store yang menjual berbagai jenis barang kebutuhan sehari-hari secara curah berbahan organik.

Berbagai jenis kebutuhan rumah tangga seperti bumbu dapur, perlengkapan mandi, hingga peralatan makan dijual secara curah di bulk store. Toko unik ini terletak di Jalan Datuk Ditiro 2, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.
“Kita menganut konsep zero waste atau nol sampah. Artinya, pengunjung dapat membawa kemasannya sendiri dan membeli sesuai kebutuhannya," kata Founder Sustain Story Bulk Store, Yusril Diopriyanto, dalam tayangan Metro Siang Metro TV, Minggu, 18 Juli 2021.

Bulk store merupakan toko curah yang menerapkan konsep minim sampah atau zero waste. Toko ini tidak menggunakan plastik sebagai pembungkus atau wadah belanjaan. Hal ini juga menjadi sarana edukasi bagi masyarakat agar berbelanja sekaligus menerapkan pola hidup ramah lingkungan

Barang-barang yang dijual di sini sebagian besar berbahan dasar organik. Mudah terurai dan mudah untuk didaur ulang.

Ide pembuatan bulk store ini datang dari keinginan Yusril bersama rekannya untuk mengurangi limbah plastik, khususnya limbah rumah tangga yang sulit terurai. Limbah-limbah ini cenderung berakhir di tempat pembuangan akhir atau TPA.

"Tanggapan dari masyarakat juga cukup antusias karena mereka dapat berbelanja kebutuhan dasar tanpa menggunakan plastik. Yang paling utama, kita menjual ramah lingkungannya," Kata Yusril. (Putri Purnama Sari)

(UWA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id