Menteri Siti: Perlu Ada Adaptasi Pola Pikir Lingkungan di Tingkat ASEAN

    Media Indonesia.com - 22 Oktober 2021 23:40 WIB
    Menteri Siti: Perlu Ada Adaptasi Pola Pikir Lingkungan di Tingkat ASEAN
    Menteri LHK Siti Nurbaya (kiri). Foto: Dok KLHK



    Jakarta: Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mencetuskan adanya adaptasi pola pikir terhadap lingkungan. Bukan hanya untuk Indonesia, tapi juga untuk negara-negara di kawasan ASEAN.

    Pernyataan Siti itu mengemuka saat pertemuan ke-16 Asean Ministerial Meeting on the Environment (AMME) atau pertemuan tingkat menteri bidang lingkungan hidup. Indonesia menjadi tuan rumah (AMME) ke-16. Pertemuan ini diselenggarakan secara virtual pada Kamis, 21 Oktober 2021. 

     



    "Dekade ini memiliki peran penting dalam upaya mencegah, menghentikan, dan memperbaiki degradasi ekosistem di seluruh dunia, termasuk kawasan Asia Tenggara,” kata Siti, Jumat, 22 Oktober 2021.

    Siti mengapresiasi Sekretariat ASEAN atas koordinasi efektif yang telah dilakukan selama persiapan penyelenggaraan pertemuan. Menurut Siti, tantangan isu lingkungan hidup perlu diantisipasi melalui kolaborasi kooperatif setingkat ASEAN. 

    "Ini selaras dengan deklarasi PBB pada 2021-2030 yang dinyatakan sebagai Dekade Restorasi Ekosistem," kata dia. 

    Siti menegaskan perlu upaya adaptasi pola pikir dan aksi nyata dengan menerapkan reimagine, recreate, dan restore dalam pengelolaan lingkungan. Ia berharap penyelenggaraan AMME ke-16 dapat memberikan kontribusi konkret dan komprehensif atas tantangan di bidang lingkungan hidup.

    Siti didaulat menjadi pimpinan pada AMME tahun ini. Dalam sambutannya, Siti menyampaikan apresiasi kepada Kamboja atas pencapaiannya sebagai pimpinan pertemuan selama dua tahun terakhir.

    Baca: Indonesia Berhasil Cegah Bencana Asap Karhutla Dua Tahun Berturut-turut

    Pada kesempatan ini, Siti menyampaikan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada Indonesia untuk menjadi tuan rumah dalam tiga pertemuan penting. Selai AMME ke-16, Indonesia juga menjadi tuan rumah dalam 17th ASEAN Plus Three Environment Ministers Meeting (EMM) dan 5th ASEAN ESC Award Ceremony. Meskipun, penyelenggaraan pertemuan secara virtual karena kondisi pandemi covid-19. 

    Halaman Selanjutnya
    Pertemuan AMME tahun 2021 ini…


    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id