comscore

Kolaborasi Bersama Dukung Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Eko Nordiansyah - 27 Mei 2022 23:00 WIB
Kolaborasi Bersama Dukung Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan
Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Jakarta: Organisasi kemanusiaan, Habitat for Humanity Indonesia berupaya menciptakan kehidupan yang sejahtera dan berkelanjutan bagi keluarga berpenghasilan rendah di Indonesia. Upaya ini juga mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG) yang telah dicanangkan oleh pemerintah.
 
Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia Susanto mengatakan, program Habitat berkontribusi mendukung pencapaian empat tujuan SDG, yaitu peningkatan kualitas pendidikan, peningkatan air bersih dan sanitasi, pertumbuhan ekonomi dan kesempatan kerja, serta peningkatan komunitas dan kota yang berkelanjutan.
 
"Habitat Indonesia selalu berupaya menjunjung profesionalitas dan integritas agar setiap mitra senang berkolaborasi sehingga lebih banyak lagi keluarga berpenghasilan rendah yang dapat dibantu," kata dia dalam keterangan tertulis, Jumat, 27 Mei 2022.
 
Habitat for Humanity Indonesia berkolaborasi dengan Amazon Web Services (AWS) dalam peningkatan pengembangan masyarakat Karawang, Jawa Barat. Adapun, kolaborasi ini telah berlangsung selama satu tahun sejak Maret 2021 sampai Maret 2022 melalui program pembangunan desa di Karawang.
 
Habitat for Humanity Indonesia dan AWS bekerja sama dalam pembangunan satu balai pertemuan dan pendistribusian enam paket fasilitas yang dapat mendukung kegiatan anak muda di Karawang. Selain itu, dilakukan pembangunan tiga toilet umum, tujuh toilet sekolah, 36 fasilitas cuci tangan, tiga unit fasilitas air bersih, dan pendistribusian 1.054 paket kebersihan, serta sembilan unit konsentrator oksigen ke Puskesmas selama pandemi covid-19.
 
Pengembangan masyarakat juga dilakukan dengan pengadaan pelatihan kepemimpinan kepada anak muda dan pelatihan kejuruan memasak dan menjahit kepada para ibu. Tidak hanya itu, pengadaan pelatihan pengelolaan sampah bagi anak muda melalui pelaksanaan lima proyek manajemen sampah dan pembangunan satu unit fasilitas pengelolaan sampah juga turut dilaksanakan.
 
Ada lebih dari 15 ribu warga dari enam desa yang dapat merasakan manfaat dari program tersebut yakni Desa Kutamekar, Kutapohaci, Mulyasari, Margakaya, Margamulya, dan Wanakerta. Kerja sama ini diharapkan memberikan perubahan untuk membantu keluarga berpenghasilan rendah di Karawang memiliki kehidupan yang lebih baik.
 
Ia menyebut, kerja sama dengan AWS merupakan yang ketiga kali setelah program bantuan bencana di Palu dan pembagian sembako di masa pandemi covid-19. Susanto menegaskan, Habitat mengedepankan aspirasi, kebutuhan, potensi, dan kemampuan masyarakat lokal. Masyarakat dilibatkan melalui pendekatan hulu ke hilir bertujuan agar program dapat dilakukan secara efektif, efisien dan berkelanjutan.
 
"Hal itu dapat mengubah pola pikir mereka. Mereka bisa paham kalau bantuan tidak selalu dalam bentuk uang tetapi juga program fisik maupun nonfisik yang sebenarnya lebih berguna untuk jangka panjang. Saya meyakini keterlibatan masyarakat mampu menumbuhkan rasa kepemilikan sehingga mereka lebih peduli untuk memelihara setiap program yang diberikan," pungkasnya.

(HUS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id