Le Minerale Hidupkan Gerakan Ekonomi Sirkular Atasi Sampah Plastik

    MetroTV - 27 Juli 2021 15:40 WIB
    Le Minerale Hidupkan Gerakan Ekonomi Sirkular Atasi Sampah Plastik
    Tangkapan layar Metro TV



    Jakarta: Guna membantu mengatasi persoalan sampah di Indonesia, Le Minerale, tak berdiam diri. Sebagai produsen air mineral yang menggunakan plastik berjenis Polyethylene terephthalate (PET), Le Minerale menerapkan gerakan ekonomi sirkular.

    "Gerakan ekonomi sirkular bermula di Pulau Komodo dengan mengedukasi masyarakat dalam mengelola sampah," kata Sustainability Director Le Minerale, Ronald Sukendra Atmadja, dalam ajang Indonesia Green Summit yang digelar Senin, 26 Juli 2021.

     



    Sampah plastik yang dikumpulkan dari Pulau Komodo didaur ulang menjadi produk baru bernilai ekonomi tinggi. Maka, kata Ronald, tidak hanya kelestarian lingkungan yang dijaga, namun juga pemberian nilai tambah bagi perekonomian masyarakat setempat.

    Ronald menyebut botol dan galon Le Minerale sudah terbuat dari plastik yang mudah didaur ulang menjadi produk baru. Sampai saat ini Le Minerale telah memiliki 15 mitra untuk bekerja sama dan berkolaborasi melakukan gerakan ekonomi sirkular. Di antaranya dari sisi pendanaan kerja, bimbingan kerja, dan edukasi masyarakat.

    "Dengan gerakan ini, kita mau meningkatkan collection rate dan recycling rate untuk sampah plastik di Indonesia. Supaya kita juga bisa mendaur ulang dan menggunakan ulang bahan bahan plastik bekas konsumsi menjadi bahan baku untuk produk-produk yang menjadi baru lagi," kata dia.

    Ronald menambahkan Le Minerale pertama kali menjalankan program ini empat tahun lalu. Februari tahun ini Le Minerale menargetkan program ekonomi sirkular diterapkan di level nasional. (Raja Alif Adhi Budoyo)

    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id