comscore

BKPM: Peta Investasi RI Konsisten dengan Isu Lingkungan di G20

Antara - 21 Maret 2022 18:52 WIB
BKPM: Peta Investasi RI Konsisten dengan Isu Lingkungan di G20
Foto: dok Panitia Nasional Presidensi G20 Indonesia.
Jakarta: Deputi Bidang Kerjasama Penanaman Modal Kementerian Investasi/Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM) Riyatno menyebut peta investasi Indonesia konsisten dengan isu lingkungan yang ingin dicapai pada Forum G20.

"Peta peluang Investasi Indonesia sangat konsisten dengan Presidensi G20 Indonesia 2022, mengingat salah satu isu yang diangkat adalah investasi berkelanjutan," kata Riyatno pada Forum Merdeka Barat yang ditayangkan virtual, dilansir Antara, Senin, 21 Maret 2022.
Riyatno memaparkan, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yakni mendorong investasi ekonomi dari industri sektor primer ke industri berbasis nilai tambah atau hilirisasi. Sebagai contoh, salah satu investasi yang memiliki nilai tambah adalah investasi berbasis hilirisasi, yakni nikel yang menjadi komponen baterai mobil listrik.

"Dan hal ini jelas berorientasi pada investasi yang berkelanjutan," ujar Riyatno.

Selanjutnya, sebagaimana diketahui pada Rabu, 16 Maret 2022, Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan meluncurkan peta potensi investasi yang berorientasi pada pembangunan berkelanjutan.

Terdapat 47 proyek yang dirilis yang terdiri atas 12 sektor proyek di pariwisata, 14 proyek sektor kawasan ekonomi, 15 proyek sektor industri manufaktur, dan enam proyek sektor infrastruktur dengan jumlah nilai investasi Rp155,2 triliun.

Adapun ke-47 proyek investasi tersebut diharapkan dapat memberikan dampak langsung dalam pencapaian 17 Sustainable Development Goals (SDG's).

"Setidaknya terdapat lima tujuan SDGG's yang sangat berkorelasi dengan pembangunan proyek investasi pada peta peluang investasi," ujar Riyatno.

Kelimanya antara lain, yaitu untuk mengatasi kemiskinan, menciptakan kehidupan yang sehat, sejahtera, menciptakan pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi.

(AHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id