Kesadaran Masyarakat Pakai Produk Ramah Lingkungan Meningkat

    Medcom - 01 September 2020 21:14 WIB
    Kesadaran Masyarakat Pakai Produk Ramah Lingkungan Meningkat
    Foto: dok MI.
    Jakarta: Kesadaran masyarakat menggunakan produk-produk konsumsi ramah lingkungan meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan, masyarakat memiliki kepedulian tinggi terhadap daur ulang kemasan produk.

    Masyarakat pun sudah bisa melihat dari berbagai faktor, mulai keamanan, kebersihan, dan dampak bagi kesehatan yang merupakan prioritas utama dalam pemilihan produk pangan.

    Salah satu jenis kemasan produk yang paling banyak digunakan adalah plastik. Pertanyaan yang kemudian muncul adalah sejauh mana kemasan jenis ini aman digunakan dan apa benar bisa didaur ulang?

    Ahli Teknologi Polimer dari Fakultas Teknik Universitas Indonesia Mochamad Chalid mengatakan produk plastik adalah bahan yang diformulasikan dari polimer sebagai bahan baku utama dan aditif-aditif sebagai bahan baku pembantu.

    Dia menjelaskan plastik memerlukan waktu degradasi bertahun-tahun, karena itu produk plastik harus didesain sebagai bahan yang dapat didaur ulang.

    Proses daur ulang sendiri merupakan salah satu solusi pemanfaatan sampah plastik agar tidak membebani lingkungan.

    "Daur ulang limbah plastik merupakan solusi efektif dan berdaya guna terhadap masalah tumpukan limbah plastik yang menjadi masalah lingkungan di Indonesia," kata dia, Selasa, 1 September 2020.

    Menurut dia solusi ini juga memberikan banyak dampak positif bagi sektor lain, seperti penyerapan tenaga kerja dan peningkatan taraf ekonomi masyarakat, yang berbasis pada prinsip ekonomi sirkular.

    Ketua Umum Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI) Christine Halim menambahkan model ekonomi sirkulasi bertujuan untuk memperpanjang masa pakai sampah menjadi sesuatu yang berdaya guna untuk dimanfaatkan kembali.

    "Juga sebagai alternatif bahan baku atau didaur ulang menjadi produk baru, sehingga dapat menghemat biaya produksi atau menjadi produk baru yang laku jual," ujar Christine.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id