comscore

Dukung Transisi Energi, Pertamina Ajak Delegasi Negara G20 Kunjungi Desa Energi Berdikari

Rosa Anggreati - 28 Maret 2022 15:24 WIB
Dukung Transisi Energi, Pertamina Ajak Delegasi Negara G20 Kunjungi Desa Energi Berdikari
Desa Karangrejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menjadi lokasi program Desa Energi Berdikari yang digagas PT Pertamina bekerja sama dengan KLHK dan Kementerian ESDM (Foto:Dok.Pertamina)
Jakarta: Puluhan delegasi negara yang tergabung dalam G20 berkunjung ke Balkondes atau Balai Perekonomian Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Kamis, 24 Maret 2022. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka pengenalan program Desa Energi Berdikari untuk mendukung penerapan energi baru terbarukan (EBT).
 
Dalam rangkaian kegiatan Environment Deputies Meeting and Climate Sustainability Working Group (EDM-CSWG) G20, para delegasi dikenalkan program Desa Energi Berdikari yang digagas oleh PT Pertamina bekerja sama dengan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK) dan Kementerian ESDM.
 
Para delegasi negara menyaksikan secara langsung Desa Karangrejo mulai menggunakan pembangkit listrik tenaga surya di mana panel berada di tengah areal pertanian. Tenaga listrik yang didapatkan digunakan untuk penerangan dan pengairan sawah sekitar.
 
Program ini sejalan dengan tema Presidensi G20 tahun ini, yakni Recover Together Recover Stronger, dengan isu prioritas utama yang memerlukan tindakan kolektif secara global yakni mengenai arsitektur kesehatan global, transisi energi berkelanjutan, serta transformasi digital dan ekonomi.
 
"Nantinya, penerapan program Desa Energi Berikari tersebut akan terus dikembangkan dengan memanfaatkan energi terbarukan berbasis CID (Community Involvement Development) yang lebih terjangkau, dapat diandalkan, dan berkelanjutan sehingga bisa memberikan dampak kemajuan baik secara ekonomi dan lingkungan bagi masyarakat," kata CEO Pertamina New and Renewable Energy (PNRE) Dannif Danusaputro.
 
Presidensi G20 Indonesia 2022 memprioritaskan transisi energi berkelanjutan sebagai salah satu isu utama yang harus ditindaklanjuti secara global dan kolektif. Dalam rangka mendukung upaya tersebut, Pertamina mengambil aksi nyata dengan terus fokus menjalankan delapan inisiatif strategis demi meningkatkan ketersediaan energi baru terbarukan.
 
"Pertamina bertekad untuk mempercepat seluruh program green energy transition, khususnya delapan inisiatif yang sudah dijalankan dari hulu hingga hilir,” tutur Dannif.

(ROS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id