DPR Lakukan Pengawasan Langsung Ibu Kota Baru

    Eko Nordiansyah - 04 Februari 2020 15:54 WIB
    DPR Lakukan Pengawasan Langsung Ibu Kota Baru
    Desain ibu kota baru. (Foto: dok. Kementerian PUPR)
    Jakarta: Menteri Perencanaan Pembangunan Negara (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, pengawasan ibu kota baru akan langsung dilakukan oleh DPR. Menurutnya, ibu kota baru akan dipimpin oleh kepala daerah yang secara khusus ditunjuk langsung oleh pemerintah pusat.

    "Di sana dalam diskusi kami itu tidak ada pemerintah daerah, jadi dikelola pemerintah pusat. Artinya yang mengawasi adalah DPR RI langsung tidak ada DPRD provinsi, tidak ada DPRD kabupaten kota," kata dia dalam rapat di Komisi XI DPR, Senayan, Jakarta, Selasa, 4 Februari 2020.

    Suharso menyebutkan penetapan status ibu kota baru akan ditetapkan dalam Undang-Undang (UU) tentang pemindahan ibu kota. Saat ini ada beberapa daerah yang menyandang status daerah khusus atau istimewa seperti Jakarta, Yogyakarta, dan Aceh.

    "Ada pengecualiannya yang mengakui pembentukan daerah istimewa dan daerah khusus. Daerah khusus ibu kota dan itu boleh jadi daerah yang diperbolehkan di UU. Ke depan Jakarta tetap seperti ini cuma bukan daerah khusus ibu kota, Yogyakarta sebagai daerah istimewa, Aceh dan terakhir ibu kota negara," jelas dia.

    Proses pemindahan ibu kota sudah dilakukan sejak tahun lalu dengan pramaster plan. Selanjutnya pada tahun ini perintah menetapkan master plan, rencama tata ruang kawasan, da  pembahasan payung hukum bersama dengan DPR.

    Kemudian pada 2021 diharapkan groundbreaking untuk ibu kota sudah mulai bisa dijalankan. Lalu pembangunan fungsi pendukung seperti hunian, jaringan telekomunikasi, peningkatan kapasitas bandara dan pelabuhan akan dilakukan mulai 2022 hingga 2023.

    "Termasuk seluruh Senayan (DPR) itu mungkin dipindahkan ke sana jadi sudah mulai bisa pelantikan di 2024 itu di ibu kota negara. Jadi yang ditinggal di Jakarta akhirnnya menjadi orang daerah," pungkasnya.



    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id