Pertumbuhan Sektor Pariwisata Lampaui Pertumbuhan Ekonomi

    Nia Deviyana - 19 September 2019 08:34 WIB
    Pertumbuhan Sektor Pariwisata Lampaui Pertumbuhan Ekonomi
    Ilustrasi. Foto : Medcom.id/Renatha.
    Jakarta: Sektor pariwisata menjadi penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan nilai yang signifikan. Berdasarkan data dari The World Travel & Tourism Council, Indonesia merupakan negara terbesar ketiga untuk ekonomi perjalanan dan pariwisata di Asia Tenggara, setelah Thailand dan Filipina.

    "Dengan persentase pertumbuhan sebesar 7,8 persen untuk 2018, yang mana lebih besar apabila dibandingkan dengan persentase pertumbuhan ekonomi di Indonesia secara keseluruhan," ujar Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta Hari Wibowo, melalui keterangan resminya, Rabu, 18 September 2019.

    Jakarta juga menjadi salah satu provinsi tujuan para turis. Untuk memaksimalkan potensinya, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan perusahaan teknologi Traveloka memperkenalkan Penyediaan Informasi Paket Wisata Jakarta yang terintegrasi dengan platform tersebut.

    Melalui kemitraan yang telah terjalin, Traveloka dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta akan bersama-sama menggarap potensi ini secara optimal dengan pemanfaatan inovasi-inovasi baru serta melalui pendekatan kolaboratif.

    "Melalui kerja sama dengan Traveloka, para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara, dapat mengunjungi situs web jakarta-tourism.go.id untuk mendapatkan informasi pariwisata terkini di Jakarta. Situs tersebut terintegrasi dengan Traveloka," jelas Hari.

    Selain dapat diakses dengan mudah, Hari menilai penyediaan informasi yang terpadu tersebut diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang datang ke Jakarta.

    "Kami berharap kemitraan ini akan terus berlanjut demi memajukan pariwisata di Indonesia, khususnya peningkatan kunjungan wisatawan ke Ibu Kota Negara, Jakarta,” ujar Public Relations Director Traveloka Sufintri Rahayu, pada kesempatan yang sama.

    Hingga saat ini, Traveloka telah bermitra dengan lebih dari 120 mitra maskapai (LCC & FSC) yang melayani 200 ribu rute domestik dan internasional. Untuk produk akomodasi, Traveloka tercatat menjalin kemitraan dengan 1 juta mitra hotel di lebih dari 100 negara di dunia.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id