BRI Bakal Buat Fintech Sasar Pelaku Usaha Ultra Mikro

    Husen Miftahudin - 03 September 2019 05:59 WIB
    BRI Bakal Buat Fintech Sasar Pelaku Usaha Ultra Mikro
    Illustrasi. Foto : MI/Arya Manggala.
    Jakarta: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI bakal membuat financial technology (fintech) yang menyasar pada pelaku usaha ultra mikro. Sebagai salah satu bank negara, BRI ingin menyalurkan pembiayaan seluas-luasnya kepada masyarakat.

    Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan digitalisasi adalah salah satu misi perusahaaan untuk meminimalisasi tingginya biaya penyaluran kredit ultra mikto. Maka itu, perseroan berencana membuat fintech untuk merealisasikan hal tersebut.

    "BRI ini DNA-nya bank mikro, oleh karena itu saya kira tetap konsisten dominan di UMKM dengan misi BRI harus bisa melayani rakyat sebanyak mungkin dengan harga semurah mungkin. Oleh karena itu kita ingin menurunkan biaya proses dan mempercepat proses. Dan itu kuncinya digitalisasi," tegas Sunarso dalam konferensi pers RUPSLB di Gedung BRI 1, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Senin, 2 September 2019.

    Sebagai bos baru BRI, Sunarso masih awal menjelaskan detail rencana membuat fintech di bawah naungan perseroan. Yang pasti, kata dia, BRI ingin perusahaan berfokus pada ekosistem.

    "Fintech ini kan macam-macam, ada fintech lending, ada fintech saving, fintech bergerak di payment, atau kombinasi ketiga-tiganya, yang penting fokusnya di ekosistem."

    Sunarso tak khawatir bila fintech besutan BRI bersaing dengan layanan serupa yang sudah memiliki jam terbang tinggi. BRI pun membuka kemungkinan inovasi fintech-nya berkolaborasi dengan fintech lain.

    "Kita biarkan kita bersaing di pasar dengan fintech, kita juga bisa bikin fintech, kemudian fintech bisa kita tempatkan pada perusahaan anak. Beberapa perusahaan anak yang kita punya bisa langsung memiliki fintech atau bisa kolaborasi, kerja sama operasi, dan segala macam bentuk kerja sama yang kita lakukan dengan fintech," jelasnya.

    Menurut Sunarso, fintech besutan BRI terbuka untuk bekerja sama dengan fintech yang lebih dulu membuka layanannya. Langkah ini dilakukan agar ekosistem yang dimiliki BRI semakin kuat.

    "Itu yang bisa kita kerjakan untuk mendukung bahwa kita akan go smaller go shorter," pungkas Sunarso.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id