Gedung Pemerintah di Ibu Kota Baru Bakal Diasuransikan

    Eko Nordiansyah - 22 November 2019 19:13 WIB
    Gedung Pemerintah di Ibu Kota Baru Bakal Diasuransikan
    Ilustrasi Gedung Kemenkeu. FOTO: MI/Susanto.
    Jakarta: Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan gedung-gedung pemerintah yang akan dibangun di ibu kota baru akan diasuransikan. Hal ini untuk melindungi aset negara yang termasuk dalam barang milik negara (BMN).

    "Nanti dari awal kita siapkan (asuransinya). Bangunan di ibu kota baru kan akan kita amankan juga," kata Direktur Barang Milik Negara DJKN Encep Sudarwan di Kantor DJKN, Jakarta Pusat, Jumat, 22 November 2019.

    Sayangnya, Encep enggan membeberkan nilai asuransikan gedung di ibu kota baru karena belum dilaksanakannya pembangunan. Nantinya DJKN akan menghitung berapa aset yang ada di ibu kota baru yang akan diasuransikan seperti aset BMN lainnya.

    Tahun ini, sebanyak 1.360 gedung milik Kemenkeu senilai Rp10,84 triliun akan diasuransikan melalui 50 perusahaan asuransi dan enam perusahaan reasuransi. Tahun depan akan ada 10 K/L lagi yang aset BMN-nya diasuransikan.

    Setelah Kemenkeu, aset negara dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Badan Informasi dan Geospasial (BIG), Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) yang diasuransikan.

    Kemudian, asuransi aset dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

    Selanjutnya, aset BMN dari 20 K/L akan diasuransikan mulai 2021, dan aset milik 40 K/L bakal dilindungi asuransi pada 2022. Kemenkeu menargetkan seluruh BMN milik K/L akan dilindungi asuransi di 2023.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id