Jokowi Berhasil Bangun Infrastruktur Meski Kurang Optimal

    Nia Deviyana - 18 Oktober 2019 08:42 WIB
    Jokowi Berhasil Bangun Infrastruktur Meski Kurang Optimal
    Ilustrasi. FOTO: dok MI/Ramdani.
    Jakarta: Direktur Riset Centre of Reforms on Economics (CORE) Piter Abdullah Redjalam mengapresiasi pembangunan infrastruktur yang masif dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama lima tahun kepemimpinannya. Berkat keberanian Jokowi, kata Piter, pemerataan infrastruktur di semua wilayah nyaris terwujud.

    "Tidak hanya di Jawa, sekarang kita bisa merasakan orang pulang ke Sumatra sudah bisa lewat tol. Nanti di Kalimantan juga ada tol, ini luar biasa," ujarnya saat ditemui di The Westin, Jakarta Selatan, Kamis, 17 Oktober 2019.

    Kendati demikian, Piter memberikan catatan penting pada pembangunan infrastruktur yang dilakukan secara masif ini. Menurutnya meski positif, kebijakan infrastruktur kurang dirancang dengan strategi yang tepat sehingga pemanfaatannya menjadi kurang maksimal.

    "Dampaknya itu memang tidak cepat karena dari awal tidak didesain secara komprehensif bagaimana nantinya memanfaatkan infrastruktur yang dibangun ini. Itu saja yang kurang," imbuhnya.

    Piter menilai tidak ada catatan kegagalan dari pembangunan infrastruktur yang diarahkan Jokowi. Namun, dia kembali menekankan agar ke depan pembangunan dirancang secara matang agar bisa memberi kontribusi pada pertumbuhan ekonomi.

    "Jangan hanya bertumpu pada satu sektor, serta harus dipikirkan tujuannya mau ke mana. Mana yang mau kita kembangkan," pungkasnya.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id