Berinvestasi dengan Modal Rp5 Ribu

13 Maret 2018 19:13 wib
Ilustrasi. (FOTO: AFP)
Ilustrasi. (FOTO: AFP)

MENABUNG memang menjadi suatu hal yang penting. Namun berinvestasi dipercaya sebagai salah satu cara untuk menyisihkan pendapatan agar bisa dimanfaatkan di masa mendatang. 
Investasi dalam bentuk emas atau logam mulia masih menjadi instrumen favorit. Prosesnya yang mudah, harganya yang cenderung terus naik, dan tahan krisis ekonomi membuat emas banyak dilirik.

Tidak perlu khawatir jika harga investasi itu tinggi sehingga Anda akan susah untuk memulainya. Karena untuk mulai menabung emas tidak harus mengeluarkan biaya yang besar lho. Anda bisa berinvestasi emas dengan sistem cicilan yang besaran cicilan per bulannya dimulai dari kisaran Rp150 ribu per bulan atau Rp5 ribu per hari.

Berikut merupakan cara-caranya agar Anda bisa mulai berinvestasi emas! Disimak ya.

1. Lakukan survei
Sebaiknya sebelum Anda mulai terjun dalam investasi emas, ada baiknya Anda lakukan dulu pengecekan terhadap harga emas di pasaran. Anda bisa mengeceknya di internet dengan mengunjungi situs resmi, atau Anda juga bisa melakukan pengecekan via online atau melalui aplikasi digital. Untuk mengecek harga secara konvensional, Anda bisa datang langsung ke kantor Antam atau Pegadaian atau juga toko emas terpercaya.

2. Sesuaikan budget
Tidak perlu khawatir dengan harga tinggi, dalam investasi Anda bisa menentukan dulu berapa budget yang bisa Anda pergunakan untuk investasi emas, dan investasi emas yang bagaimana yang bisa Anda lakoni. Umumnya, emas yang ada di Pegadaian tersedia dalam berbagai pilihan beratnya mulai dari 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 250 gram, bahkan ada yang mencapai 1 kg.

3. Siapkan DP
Biasanya setelah Anda telah deal dan telah melakukan pembukaan tabungan dan pengisian formulir aplikasi untuk program investasi emas, pihak Pegadaian akan meminta Anda untuk membayar DP yang besarannya akan disesuaikan dengan lembaga yang bersangkutan. DP ini akan dibayarkan dengan nominal minimal Rp5.000 saja lho.

Ketika Anda sudah memutuskan untuk menabung emas, maka pastikan Anda menyicil uangnya secara rutin dan jangan sampai telat, ya. Jika Anda sampai melewati batas waktu yang ditentukan untuk menyicil tabungan, beberapa lembaga memberlakukan denda atau bahkan emas yang Anda investasikan akan dilelang.

Nantinya uang hasil lelang itu akan dipotong dua persen, serta dibebankan denda kepada pihak nasabah yang mengalami keterlambatan dalam membayar cicilan. Setelah itu nasabah akan menerima selisih dari harga emas tersebut. Maka Anda akan mengalami kerugian. Semoga bermanfaat.

Download E-book terbaru dari Tung Desem Waringin "61 Rahasia Menjadi Kaya". Klik di Sini untuk Download.


(AHL)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.