Kemendag Optimistis Perjanjian Dagang Pacu Ekspor Nonmigas

    Nia Deviyana - 18 September 2019 21:17 WIB
     Kemendag Optimistis Perjanjian Dagang Pacu Ekspor Nonmigas
    Illustrasi. Foto : MI/RAMDANI.
    Jakarta: Kementerian perdagangan (Kemendag) menjadikan perjanjian dagang sebagai salah satu strategi meningkatkan ekspor nonmigas pada tahun ini. Direktur Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Dody Edward mengatakan, salah satu perjanjian dagang yang berhasil direalisasikan belum lama ini adalah Preferential Trade Agreement (PTA) Indonesia-Mozambik.

    "Kita mendorong pasar-pasar ekspor yang baru di non-tradisional seperti Afrika. Mozambik ini akan menjadi pintu gerbang ke negara Afrika lainnya," ujar Dody di The Westin, Jakarta, Rabu, 18 September 2019.

    Dody mengatakan pada tahun ini Kemendag menargetkan nilai ekspor nonmigas mencapai USD175,8 miliar atau naik delapan persen dari realisasi ekspor 2018 sebesar USD162,65 miliar. Sementara hingga Agustus 2019, baru terealisasi sebesar USD101,48 miliar.

    "Ini menjadi tantangan kita. Asosiasi, pengusaha, dan pemerintah sudah aktif melakukan diskusi, termasuk mengenai apabila diperlukan insentif," imbuhnya.

    Dody belum memastikan bagaimana skema insentif yang akan diberikan. Namun, eksportir yang memiliki rekam jejak bagus dan berkontribusi besar bagi ekspor nasional berhak mendapatkan insentif tambahan.

    "Masih kita gali. Nanti akan kita sampaikan kelanjutannya," ujar dia.

    Sejauh ini, kata Dody, Kemendag masih optimistis target ekspor akan terealisasi. Namun, dia tidak memungkiri ada faktor ekonomi global yang tidak mudah seperti perlambatan ekonomi dan perang dagang.

    "Tapi kita masih optimis karena masih ada kesempatan. Daya saing produk kita masih cukup baik dan masih bisa dimaksimalkan," pungkasnya.




    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id