Kemendag Janji 12 Perjanjian Dagang Kelar 2020

    Nia Deviyana - 16 Oktober 2019 15:50 WIB
    Kemendag Janji 12 Perjanjian Dagang Kelar 2020
    Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita (kedua kiri) dalam pembukaan Trade Expo ke-34 di ICE BSD. Foto: MI/Susanto.
    Tangerang Selatan: Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita berjanji bakal menyelesaikan 12 perjanjian dagang bilateral maupun regional di tahun depan. Dari pakta dagang yang dituju, beberapa di antaranya berasal dari pasar nontradisional.

    "Upaya untuk meningkatkan ekspor, salah satunya dengan meningkatkan perjanjian perdagangan agar produk kita bisa masuk negara mitra dengan tarif yang lebih rendah, sehingga dari segi harga lebih kompetitif," ujar Enggar saat membuka Trade Expo Indonesia di ICE BSD, Tangerang Selatan, Rabu, 16 Oktober 2019.

    Adapun 12 perjanjian dagang yang ditargetkan kelar di 2020 itu yakni Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP), Indonesia-Uni Eropa Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU-CEPA), Indonesia-Maroko Preferential Trade Agreement (IM-PTA), Indonesia-Tunisia Preferential Trade Agreement (IP-PTA), dan Indonesia-Bangladesh Preferential Trade Agreement (IB-PTA).

    Kemudian Indonesia-Turki Comprehensive Economic Partnership Aggreement (IT-CEPA), Indonesia-Iran Preferential Trade Agreement, Indonesia-Eurasia Free Trade Agreement, Indonesia-Djibouti PTA, General Review ASEAN-Australia, New Zealand Free Trade Agreement (AANZFTA), ASEAN India Free Trade Agreement (AIFTA), dan Indonesia-Pakistan Trade in Goods.

    Hingga saat ini, sebut Enggar, Kemendag telah menyelesaikan 15 perjanjian perdagangan dalam kurun waktu 2016 hingga 2019.

    "Perluasan kerja sama ini tentu tidak lepas dari dukungan duta besar, asosiasi bisnis, dan pelaku usaha. Serta tentunya arahan langsung dari Presiden," pungkasnya.



    (HUS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id