Darmin Minta Mentan Tangani soal Telur

    03 Agustus 2018 11:11 WIB
    Darmin Minta Mentan Tangani soal Telur
    Menko Perekonomian Darmin Nasution. (FOTO: Medcom.id/Desi Angriani)
    Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengaku tidak bisa melakukan intervensi untuk menstabilkan harga telur dan ayam yang kini melonjak.

    Pemerintah memilih untuk menunggu satu siklus guna menyelesaikan permasalahan yang menyebabkan harga telur dan daging ayam ras melonjak.
    "Itu enggak bisa diintervensi, selesaikan saja satu siklus. Kita sudah minta Menteri Pertanian (Mentan) mengecek untuk siklus berikutnya beres tidak. Tidak bisa kita tiba-tiba impor telur, tidak bisa," katanya saat ditemui di Hotel Aryaduta, Jakarta, Kamis, 2 Agustus 2018.

    Kenaikan harga telur ayam ras dan daging ayam ras menjadi penyumbang terbesar inflasi pada Juli 2018. Hal itu te-rekam dalam catatan Badan Pusat Statistik (BPS).

    Menurut Darmin, ada sejumlah faktor yang menyebabkan harga telur dan daging ayam naik.

    "Itu ada yang salah pada waktu perencanaan atau pengembangan pitiknya atau ada penyakit berkembang yang tidak efektif terobati," katanya.

    Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menilai tingginya harga telur dan ayam di pasar akibat permintaannya tinggi, tapi suplai ke pasar hingga ke konsumen terjadi pengurangan.

    "Karena supply dan demand. Jadi sampai dengan barang habis artinya suplainya kan berkurang," katanya saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta.

    Saat ditanyakan mengapa suplainya berkurang, Enggar mengaku Mentan-lah yang mengetahui alasannya. "Itu Kementan lebih tahu," pungkasnya.

    Sebelumnya sejumlah kalangan mengatakan bahwa melonjaknya harga telur dan daging ayam ras terjadi karena masalah harga pakan ternak yang tinggi. Mahalnya harga pakan disebabkan pasokan jagung untuk pakan ternak yang berkurang. (Media Indonesia)

     



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id