Pariwisata RI Bakal Terkena Dampak Virus Korona

    Suci Sedya Utami - 03 Februari 2020 15:15 WIB
    Pariwisata RI Bakal Terkena Dampak Virus Korona
    Pariwisata Indonesia. Foto : Medcom.
    Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan sektor pariwisata Indonesia akan terkendala dampak merebaknya virus korona yang diduga berasal dari Kota Wuhan, Tiongkok.

    Kepala BPS Suhariyanto mengatakan Pemerintah Tiongkok telah melarang warganya untuk berpergian ke luar negeri termasuk Indonesia untuk mencegah penyebaran virus lebih masif. Demikian pula sebaliknya, pemerintah telah menghentikan sementara izin seluruh maskapai yang menuju ataupun dari Tiongkok.

    "Kalau kita lihat larangan Pemerintah Tiongkok untuk berkunjung ke sini atau sebaliknya pasti nanti akan terdampak," kata Suhariyanto di Kantor BPS, Jakarta Pusat, Selasa, 3 Januari 2020.

    Apalagi, kata Suhariyanto, mayoritas wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia merupakan warga negara Tiongkok. Misalnya saja sepanjang 2019, jumlah turis asal Tiongkok yang datang ke Indonesia mencapai 2,07 juta orang atau 12 persen dari total wisatawan mancanegara yang berkunjung.

    "Kalau ada larangan pasti dia akan berpengaruh pada jumlah wisman, pasti. 12 persen lumayan tinggi dari total 16,11 juta orang, itu 1/8-nya," tutur Suhariyanto.

    Sementara pada Desember 2019 ketika musim liburan, turis asal Tiongkok menempati posisi ketiga yakni dengan jumlah 125,6 ribu orang yang berkunjung atau 11,2 persen dari total turis yang berkunjung sebanyak 1,37 juta orang.

    Kendati demikan, lanjut Suhariyanto, pihaknya belum bisa memastikan seberapa besar pengaruh penurunan kunjungan turis asal Negeri Tirai Bambu itu ke Indonesia.

    "Jadi kalau kita lihat selama 2019 jumlah wisman dari Tiongkok itu sekitar dua juta pasti akan terpengaruh pada jumlah wisman (ke depan)," jelas dia.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id