Kementan Raih Dua Penghargaan Tata Kelola Arsip

    Ilham wibowo - 28 Februari 2020 10:32 WIB
    Kementan Raih Dua Penghargaan Tata Kelola Arsip
    Ilustrasi Gedung Kementerian Pertanian - - Foto: Medcom.id/ Nia Deviyana
    Surakarta: Kementerian Pertanian (Kementan) mendapat dua penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dalam tata kelola arsip. Penghargaan tersebut merupakan hasil akreditasi kearsipan dengan kategori AA atau sangat memuaskan.

    Masa berlaku akreditasi terhitung 6 tahun sejak 2019 - 2025. Selain itu, Kementan juga menduduki peringkat tiga besar dengan nilai 97,79 dari hasil monitoring tindak lanjut hasil pengawasan kearsipan.

    Sekretaris Jenderal Kementan Momon Rusmono menerima secara langsung penghargaan mewakili Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pada gelaran Rakornas Kearsipan 2020 di Surakarta. Prosesnya diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo.

    Momon Rusmono yang hadir selaku Kepala Unit Kearsipan I Kementerian Pertanian menuturkan penghargaan tersebut merupakan prestasi membanggakan. Pada akhir tahun lalu Kementan juga memperoleh predikat Badan Publik Informatif untuk pengelolaan PPID.

    Menurutnya, apresiasi ini akan makin menjadi pemicu bagi prestasi Kementan berikutnya. Kerja keras mengelola arsip perlu terus dilakukan dengan komitmen serta konsistensi.

    "Kebijakan, komitmen, serta konsistensi adalah kuncinya. Arsip bagian dari upaya kita menjaga peradaban dan sejarah pembangunan pertanian Indonesia," kata Momon melalui keterangan tertulisnya, Jumat, 28 Februari 2020.  

    Penganugerahan Pengawasan Kearsipan Tahun 2019 oleh ANRI ini diberikan berdasarkan nilai hasil pengawasan kearsipan pada Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah. Apresiasi ini sebagai salah satu upaya mengukur kesesuaian antara penerapan standar kearsipan di lingkungan pencipta arsip dengan peraturan perundang-undangan di bidang kearsipan.



    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id