Pemerintah Buka Impor Daging Sapi dan Kerbau di 2020

    Eko Nordiansyah - 26 Desember 2019 18:30 WIB
    Pemerintah Buka Impor Daging Sapi dan Kerbau di 2020
    Sapi. Foto : MI/Kristiadi.
    Jakarta: Pemerintah akan membuka peluang impor daging untuk tahun depan. Impor dilakukan untuk memenuhi kebutuhan daging sapi di 2020 yang diperkirakan mencapai 600 ribu ton atau sama seperti tahun ini.

    Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi mengatakan impor daging dilakukan untuk sapi dan kerbau. Untuk kerbau, kuota yang akan diberikan oleh pemerintah adalah 60 ribu.

    "Rencana impor daging kerbau 60 ribu. Kemudian, daging sapi dan kerbau untuk industri kuotanya kira-kira 129 ribu," kata dia di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Kamis, 26 Desember 2019.

    Bukan hanya daging saja, pemerintah juga akan mengimpor sapi bakalan yang akan digemukkan di dalam negeri. Rencananya akan ada 550 ribu ekor sapi bakalan yang masuk ke Indonesia untuk memenuhi kebutuhan daging masyarakat.

    "Sapi bakalan 550 ribu ekor, ini baru rencana. Ini sudah diputuskan (untuk impor). Tapi yang impor siapa belum diputuskan, tapi tentu bertahap," jelas dia.

    Dirinya menambahkan, impor daging dimaksudkan untuk menyediakan harga yang lebih murah bagi masyarakat. Saat ini daging lokal harganya masih sekitar Rp115 ribu per kilogram (kg), jauh di atas keinginan pemerintah.

    "Kita kan ingin lebih rendah lagi. Kalau bisa Rp80 ribu ya Rp80 ribu dong. Sekarang masih Rp115 ribu, pelan-pelan lah. Kalau turunnya terlalu cepat kasihan (harga) jatuh nanti," pungkasnya.


    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id