Mentan Jaga Harga Gabah Petani tak di Bawah HPP

    Suci Sedya Utami - 08 Februari 2018 20:00 WIB
    Mentan Jaga Harga Gabah Petani tak di Bawah HPP
    Mentan Pertanian Andi Amran Sulaiman. Ant/Oky Lukmansyah.
    Jakarta: Memasuki musim panen, Menteri Pertanian Amran Sulaiman menjaga agar harga gabah petani atau gabah kering panen tak berada di bawah harga pembelian pemerintah (HPP).

    Demi memastikan harganya tak jatuh, Amran langsung turun ke lokasi panen. Dirinya juga membentuk tim sergam di tujuh sentra produksi untuk memantau harga. Hal tersebut pun dia laporkan ke Menko perekonomian Darmin Nasution.

    "Kita menjaga petani agar harga jangan di bawah HPP. Jangan sampai ada petani mengeluh karena di bawah HPP. Itu tujuan kami turun dan langsung kami laporkan ke Pak Menko," kata Amran di Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Kamis, 8 Februari 2018.

    Amran mengatakan dirinya beberapa kali mengikuti secara langsung panen yang dilakukan di daerah seperti Garut, Sukabumi, Pati dan lain sebagainya.

    Dia mengatakan, di Pati misalnya, transaksi harga beli Rp3.900-Rp4.000 per kg untuk harga kering panen. Merujuk pada data Badan Pusat Statistik (BPS), di Januari, harga gabah kering panen rata-rata di tingkat petani sebesar Rp5.415, naik 8,42 persen dari Desember sebesar Rp4.955.




    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id