Lagi, Emas Antam Tersungkur

    Ade Hapsari Lestarini - 13 Desember 2019 10:12 WIB
    Lagi, Emas Antam Tersungkur
    Ilustrasi pedagang emas. Foto: dok MI.
    Jakarta: Pergerakan harga emas milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) di akhir pekan kembali merosot. Pelemahan ini sejalan dengan turunnya harga emas dunia.

    Mengutip laman Logam Mulia Antam, Jumat, 13 Desember 2019, harga emas Antam di Butik Emas LM Gedung Antam tercatat berada di level Rp753 ribu per gram. Harga emas ini turun Rp4.000 per gram dibandingkan perdagangan sebelumnya.

    Senada, harga pembelian kembali (buyback) emas juga bergerak turun ke posisi Rp661 ribu per gram atau turun Rp3.500 per gram.

    Adapun harga emas di PT Pos Indonesia mengacu pada harga Butik Emas LM terdekat. Harga emas batangan sudah termasuk PPh 22 di 0,9 persen. Namun harus menyertakan NPWP untuk memperoleh potongan pajak lebih rendah (0,45 persen).

    Sebelumnya harga emas berjangka di divisi Comex New York Mercantile Exchange ditutup lebih rendah pada perdagangan Kamis waktu setempat. Ekspektasi kemajuan dalam pembicaraan perdagangan AS-Tiongkok telah mengurangi permintaan untuk investasi logam mulia.

    Melansir Xinhua, Jumat, 13 Desember 2019, harga kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Februari turun USD2,7 atau 0,18 persen menjadi USD1.472,3 per ons.

    Adapun logam mulia lainnya, perak naik 10 sen atau 0,59 persen menjadi USD16,949 per ons. Platinum juga bertambah USD5,3 atau 0,56 persen menjadi ke level USD944,8 per ons.

    Logam mulia itu juga tertekan oleh kenaikan mata uang Paman Sam yang lebih kuat. Indeks dolar AS, yang mengukur dolar terhadap enam rival utamanya, naik 0,05 persen menjadi 97,46.

    Emas biasanya bergerak berlawanan arah dengan dolar AS. Dalam artian jika dolar menguat, emas berjangka akan jatuh karena emas dihargai dalam dolar AS. Otomatis ini menjadi mahal bagi investor yang menggunakan mata uang lain.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id