Dana Nasabah Jiwasraya Tahap Pertama Dibayarkan Maret 2020

    Annisa ayu artanti - 29 Januari 2020 16:17 WIB
    Dana Nasabah Jiwasraya Tahap Pertama Dibayarkan Maret 2020
    Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) saat mengawali rapat panja Komisi VI di Komplek Parlementer Senayan. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu
    Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjanjikan pembayaran dana nasabah PT Asuransi Jiwasraya (Persero) tahap awal pada Maret 2020. Hal itu dikatakannya saat mengawali rapat Panitia Kerja (Panja) Komisi VI DPR-RI mengenai penyelesaian kasus gagal bayar Jiwasraya.

    Menurutnya, pembayaran itu merupakan komitmen pemerintah untuk menyelesaikan persoalan asuransi pelat merah itu.

    "Dari jajaran kementerian, tim Jiwasraya, kami akan berupaya selesaikan. Mulai pembayaran awal di akhir Maret, kalau bisa lebih cepat kita lakukan," kata Erick saat mengawali rapat panja Komisi VI di Komplek Parlementer Senayan, Rabu, 29 Januari 2020.

    Namun, Erick tidak menyebutkan besaran jumlah dan asal dana untuk pembayaran tahap awal nasabah tersebut. Rincian itu baru akan dibahas dalam rapat Panja tertutup.

    Pihak Kementerian BUMN pernah menyebutkan, dana awal sebesar Rp2 triliun berasal dari suntikan dana investor ke anak usaha Jiwasraya yaitu Jiwasraya Putra.

    Lebih lanjut, Erick juga menjelaskan, permasalahan perusahaan asuransi ini tidak ringan dan memakan waktu yang cukup lama. Sebab, manajemen Jiwasraya sebelumnya tidak menerapkan prinsip kehati-hatian dalam mengelola dana investasi.

    "Kondisi jiwasraya saat ini sangat sakit dan kesulitan. Punya kewajiban bayar klaim atau polis Rp16 triliun, dan kekurangan solvabilitas Rp28 riliun," jelas dia.

    Namun, kata Erick, Kementerian BUMN bersama dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta Kejaksaan Agung akan bersinergi menyelesaikan persoalan ini.

    "Kami koordinasi dengan Kemenkeu, OJK untuk solusi terbaik dalam penyelematan ini. Dalam pembicaraan awal, kita jadi ingin ada pencarian di Maret," pungkasnya.



    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id