OJK Sebut Inklusi Keuangan Capai 75%

    Desi Angriani - 15 Oktober 2019 20:13 WIB
    OJK Sebut Inklusi Keuangan Capai 75%
    Anggota Dewan Komisioner bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Tirta Segara. FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah.
    Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut target inklusi keuangan pada September sudah mencapai 75 persen. Capaian target tersebut sesuai implementasi Peraturan Presiden Republik Indonesia (Perpres) Nomor 82 Tahun 2016 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI).

    Anggota Dewan Komisioner bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Tirta Segara mengatakan target inklusi keuangan tahun ini menunjukkan adanya kenaikan yang positif dibandingkan hasil survei 2013 dan 2016.

    "Alhamdulillah sudah melewati target 75 persen sampai dengan September 2019," katanya dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 15 Oktober 2019.

    Selain itu, tingkat literasi keuangan sebesar 35 persen yang tercantum dalam Perpres Strategi Nasional Perlindungan Konsumen Nomor 50 Tahun 2017 juga diklaim tercapai.

    "Target tingkat literasi keuangan yang sebesar 35 persen," imbuh dia.

    Menurutnya, capaian target inklusi keuanga juga ditopang oleh tingginya pertumbuhan ekonomi digital dalam negeri. Seperti penggunaan dompet digital dan kegiatan belanja online di marketplace.

    "Tentunya produk-produk baru di sistem pembayaran dan transaksi mendorong inklusi keuangan," tambah Tirta.

    Meski demikian, OJK dan Bank Indonesia tetap menggelar Bulan Inklusi Keuangan (BIK) selama Oktober 2019. Program yang diselenggarakan meliputi kampanye dan sosialisasi terkait berbagai penjualan produk/jasa keuangan berinsentif seperti diskon, bonus, reward, cashback, dan promo.

    "Dalam mendukung pencapaian target inklusi keuangan, kolaborasi aktif antara regulator dan PUJK sangat diperlukan. Hal ini penting untuk saling mendukung dalam meningkatkan literasi keuangan serta mendorong masyarakat untuk menggunakan produk dan layanan jasa keuangan," katanya.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id