Kemenko Maritim Dorong Kontribusi Pemda Ukur Pencapaian SDGs

    Nia Deviyana - 17 Juni 2019 15:40 WIB
    Kemenko Maritim Dorong Kontribusi Pemda Ukur Pencapaian SDGs
    Asisten Deputi Sumber Daya Hayati Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa Kemenko Maritim Andri Wahyono. Medcom/Nia Deviana.
    Jakarta: Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman mendorong pemerintah daerah (pemda) untuk turut berkontribusi dalam mengukur Sustainable Development Goals (SDGs) atau tujuan pembangunan berkelanjutan. Adapun langkahnya dengan menggunakan metode Kartu Skor untuk Sains, Teknik, Teknologi, dan Inovasi (SETI).

    SETI merupakan produk dari proyek kerja sama Malaysia-UNESCO  untuk mengevaluasi pencapaian agenda di tingkat regional dan nasional serta meningkatkan koherensi antara rencana pembangunan nasional dan global.

    "Kita harapkan di tahun-tahun yang akan datang pemerintah daerah dengan SETI ini, bisa turut berkontribusi dengan mengevaluasi, kemudian membuat alokasi budget yang dibutuhkan berapa untuk implementasi SDGs ini," ujar Asisten Deputi Sumber Daya Hayati Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa Kemenko Maritim Andri Wahyono usai menghadiri Lokakarya Regional di Hotel Sultan, Jakarta Selatan, Senin, 17 Juni 2019.

    Andri menuturkan penerapan Kartu Skor SETI ini dapat digunakan untuk mengevaluasi semua jenis proyek yang baru diusulkan, sedang berlangsung, dan telah selesai. Apakah proyek sudah memenuhi standar SDGs atau belum.

    Pada kesempatan yang sama, Andri menuturkan untuk mendukung SDGs pemerintah telah menyiapkan dana melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Namun, pemerintah memiliki beberapa opsi apabila dana tersebut tidak mencukupi.

    "Kalau tidak bisa mengkover maka kita promosikan untuk menjadi program yang layak didanai multi-source financing. Bisa hibah dari filantropi, privat sector, atau perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN)," paparnya.

    Untuk mendorong program ini pemerintah juga berencana memberikan insentif bagi sektor swasta yang berkontribusi pada SDGs. "Misalnya kita bantu promosikan produknya, dan lain-lain," kata dia.

    SDGs yang diadopsi PBB pada September 2015 merupakan kelanjutan dari Millenium Development Goals (MDGs) yang berakhir pada 2015. SDGs terdiri dari 17 tujuan an 169 target dalam rangka melanjutkan upaya dan pencapaian pembangunan.

    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id