Erick Thohir Ubah Konsep Holding BUMN Penerbangan ke Pariwisata

    Desi Angriani - 09 Januari 2020 15:12 WIB
    Erick Thohir Ubah Konsep <i>Holding</i> BUMN Penerbangan ke Pariwisata
    Wisata. Foto : AFP.
    Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir merombak konsep holding BUMN sektor penerbangan yang digagas Rini Soemarno menjadi holding BUMN sektor pariwisata. AP II berserta BUMN sarana dan prasarana transportasi udara serta transportasi lainnya akan tergabung dalam satu klaster di bawah holding ekosistem pariwisata.

    "Holding penerbangannya sudah diperluas jadi holding pariwisata," kata Pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama Garuda Indonesia Fuad Rizal di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis, 9 Januari 2020.

    Namun demikian, Fuad belum dapat memastikan siapa yang akan jadi induk BUMN sektor pariwisata. Pasalnya, pembahasan perluasan holding BUMN Penerbangan tersebut masih dibahas dalam rapat di Kementerian BUMN.

    "Belum, kan baru mau dibikin lagi kajian. Baru mulai kok belum tahu," ungkap dia.

    Pada era Rini Soemarno, Kementerian BUMN berencana menjadikan PT Survai Udara Penas (Persero) sebagai induk holding. Sementara anggota holding terdiri dari  PT Angkasa Pura I (Persero), PT Angkasa Pura II (Persero), dan PT Garuda Indonesia (Persero). Holding tersebut ditargetkan rampung pada semester I 2019.

    Pembentukan holding penerbangan tertuang pada Surat Menteri BUMN Nomor S-180/MBU/03/2019 perihal Penyampaian Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) dan Kajian Pembentukan Holding BUMN Sarana dan Prasarana Perhubungan Udara yang ditujukan pada Menteri Keuangan RI.




    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id