WIKA Siap Dukung Pembangunan Ibu Kota Baru

    Annisa ayu artanti - 28 Agustus 2019 13:25 WIB
    WIKA Siap Dukung Pembangunan Ibu Kota Baru
    Gedung WIKA (FOTO: Medcom.id)
    Jakarta: PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) siap mendukung pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur (Kaltim). Dalam hal ini, WIKA bakal bekerja sama melalui berbagai sekma termasuk Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) dalam penyediaan infrastruktur.

    "WIKA selalu siap untuk ambil bagian dalam mempersiapkan ibu kota baru, termasuk di antaranya melalui mekanisme KPBU dalam penyediaan unfrastruktur," kata Direktur Utama WIKA Tumiyana, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Rabu, 28 Agustus 2019.

    Tumiyana mengatakan kapasitas neraca keuangan WIKA saat ini cukup kuat untuk menopang rencana tersebut. "Saat ini kemampuan belanja modal atau capital expenditure kita mencapai Rp20 triliun dan akan terus meningkat setiap tahunnya," jelas dia.

    Tumiyana mengklaim WIKA sekarang ini memiliki kapasitas yang sangat baik dari segi industri, baik baja, beton, maupun aspal yang kemudian menyokong konstruksi dan infrastruktur sebagai bisnis utamanya. Artinya jika dibutuhkan oleh pemerintah dalam hal pemindahan ibu kota, maka WIKA siap.

    "Bilamana dibutuhkan oleh pemerintah dalam konteks katalisasi pemindahan ibu kota, WIKA sangat siap berada di barisan terdepan untuk terlibat dalam misi besar tersebut," ujarnya

    Selain dari sudut konstruksi, perusahaan juga merespons cepat putusan pemindahan ibu kota tersebut sebagai sebuah peluang besar guna melaksanakan investasi di bidang properti. WIKA kini menjadikan investasi sebagai arah bisnis masa depan perusahaan guna mendapatkan recurring income (pendapatan berulang).

    "Pengembangan suatu kawasan akan memiliki prospek besar untuk bertumbuhnya kawasan-kawasan ekonomi terpadu, termasuk hunian dengan values yang terus akan meningkat," ucapnya.

    WIKA hingga saat ini telah banyak membangun infrastruktur vital di Kalimantan Timur. Beberapa di antaranya adalah PLTG 2x50 MW di Tanjung Batu-Kutai, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan-Balikpapan dan Jalan Tol Balikpapan Samarinda sepanjang 99,04 km yang saat ini tengah memasuki tahap akhir penyelesaian.

    Hingga pekan ketiga Agustus 2019 ini, pengerjaan Jalan tol seksi 2, 3, dan 4 yang dilaksanakan WIKA telah mencapai 94,1 persen dan direncanakan selesai serta dioperasionalkan pada Oktober 2019.

    (ABD)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id