30% Nasabah BNI Gunakan Layanan Digital

    Husen Miftahudin - 04 September 2019 13:53 WIB
    30% Nasabah BNI Gunakan Layanan Digital
    Ilustrasi. FOTO: dok MI.
    Jakarta: Pesatnya perkembangan teknologi membuat institusi perbankan mulai mentransformasikan layanannya ke digital. Hal tersebut semata-mata ditujukan untuk mempermudah para nasabah untuk melakukan transaksi keuangannya.

    DGM Divisi Jaringan dan Layanan BNI Giri Dwi Susanto menyatakan saat ini perseroan punya beragam fasilitas dan layanan perbankan dengan pola digital. Bahkan saat ini 30 persen nasabah BNI yang ada di kota-kota besar merupakan pengguna aktif layanan digital banking.

    "Di kota besar sampai 30 persen perkembangan orang yang menggunakan layanan digital. Nanti ke depan saya perkirakan semua orang rata-rata menggunakan mesin, self service," ujar Giri saat ditemui di BNI Kantor Cabang Kramat, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Rabu, 4 September 2019.

    Menurutnya, layanan digital lebih banyak digunakan nasabah di kota besar ketimbang nasabah yang ada di pedesaan. Maklum, masyarakat kota erat berhubungan dengan dunia digital.

    "Kalau di kota-kota besar memang mulai terasa nasabah-nasabah itu sekarang lebih banyak bertransaksi di handphone, ada sedikit penurunan orang yang datang ke kantor cabang. Sementara di kota-kota kecil memang ada dampak, tapi tidak sebesar dampaknya dibanding di kota besar," imbuh dia.

    Saat ini, BNI telah memiliki sejumlah fasilitas dan layanan berbasis digital. BNI Self Service Opening Account (Sonic) misalnya, layanan ini mempermudah proses calon nasabah dalam membuka rekening tabungan dengan mesin.

    "Dengan BNI Sonic, calon nasabah bisa buka rekening tanpa harus datang ke cabang, tanpa harus bertemu dengan petugas cabang. Cukup di mesin, menggunakan ktp-el, kemudian bisa langsung keluar kartunya. Cuma tiga menit," jelas Giri.

    Selain itu, ada juga layanan pembukaan rekening secara digital melalui mobile banking. Dengan layanan bernama Digital Open Account (DOA) itu, para calon nasabah tak perlu datang ke cabang untuk memiliki rekening tabungan BNI.

    "Jadi calon nasabah hanya dari rumah kalau mau buka rekening. Tinggal download BNI Mobile Banking dan pilih menu Pembukaan Rekening. Lewat itu masyarakat langsung bisa punya rekening BNI tanpa harus ketemu pegawai di cabang," jelas Giri.

    Adapula Digital Corner yang saat ini masih dalam rencana dan persiapan BNI. Teknologi canggih itu bakal beroperasi selama 24 jam, sehingga kebutuhan pembukaan rekening hingga layanan-layanan yang biasanya dilakukan di kantor cabang bisa dilakukan melalui layanan digital anyar BNI tersebut.

    "Mau buka rekening, mau apa juga bisa di sana. Di beberapa kota kita sudah siapkan, di Jakarta sedang kita siapkan. Tahun ini rencananya akan diluncurkan di Jakarta," tutup dia.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id