Tiga Cara BTN Tekan Biaya Dana di 2020

    Annisa ayu artanti - 27 November 2019 20:58 WIB
    Tiga Cara BTN Tekan Biaya Dana di 2020
    Ilustrasi. FOTO: dok BTN.
    Jakarta: PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) akan terus menekan biaya dana atau cost of fund lebih rendah tahun depan. Adapun target tingkat cost of fund pada 2020 bisa di bawah enam persen.

    "Kita proyeksikan di awal 2020 sudah di bawah enam persen cost of fund kita. 5,9-5,95 persen dan akan terus menurun sampai akhir 2020," kata Direktur Finance, Planning, & Treasury BTN Nixon L. P. Napitupulu, di Menara BTN, Jakarta, Rabu, 27 November 2019.

    Nixon menjelaskan untuk menurunkan biaya dana ini melakukan beberapa upaya seperti mengurangi pendanaan di luar dana pihak ketiga (DPK) atau wholesale funding. Sebab, pendanaan dari segmen itu memiliki bunga yang tinggi.

    "Tahun depan kita akan mengurangi exposure di wholesale funding," sebut dia.

    Kemudian perusahaan juga akan mengubah struktur time deposite dengan memperbesar porsi ritel dan membuat deposit institusi menjadi stagnan.

    "Jadi yang institusi nanti pertumbuhannya relatif stagnan, yang retail naik sehingga komposisi berubah. Karena mengapa? Deposito institusi satu persen lebih mahal," jelas dia.

    Ketiga, lanjut Nixon, perusahaan juga akan fokus untuk meningkatkan Dana Pihak Ketiga (DPK) ritel. Ada beberapa ide-ide baru yang disiapkan BTN untuk pengembangan tabungan ke depannya. "Kita akan shifting sebagian dana-dana ke tabungan," ucap dia.

    BTN Bidik Laba Rp3 Triliun di 2020

    Di sisi lain, Nixon juga menyampaikan perusahaan menargetkan dapat meraih dana sebesar Rp3 triliun tahun depan. Perusahaan juga menargetkan dapat menekan rasio non performing loan (NPL) mencapai 3,1 persen.

    Nixon berharap dengan kinerja direksi dan pengurus perusahaan yang baru dapat membantu mencapai target-target perusahaan tersebut.

    "Proyeksi bisnis tadi saya sudah sampaikan bahwa tahun depan laba kita Rp3 triliun. Kemudian NPL kita harapkan di 3,1 persen sampai 3,0 persen mudah-mudahan bisa turun di bawah tiga. Serta 2,9 persen sampai akhir tahun depan," tukas dia.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id