Indonesia Berharap Tiongkok Tingkatkan Impor Minyak Kelapa Sawit

    Damar Iradat - 20 September 2019 13:58 WIB
    Indonesia Berharap Tiongkok Tingkatkan Impor Minyak Kelapa Sawit
    Wamenlu RI AM Fachir. Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta
    Bogor: Indonesia berharap Tiongkok meningkatkan kerja sama di bidang perdagangan. Salah satunya ialah impor minyak kelapa sawit (CPO) dari Indonesia. 

    "Secara khusus bidang perdagangan, Presiden (Joko Widodo) berharap impor Tiongkok di CPO (sawit) ditingkatkan, dan berbagai komoditas lain seperti buah-buahan," kata Wakil Menteri Luar Negeri, AM Fachir, usai mendampingi Presiden menerima Penasihat Hubungan Luar Negeri Presiden China, Y. M Song Tao, dan rombongan di Kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat, 20 September 2019.

    Indonesia dan Tiongkok akan melakukan sejumlah upaya menghadapi kondisi ekonomi global. Sehingga dampak negatif ekonomi global yang sedang menurun ini tidak berpengaruh kepada kedua negara.

    Investasi secara umum, Jokowi berharap Tiongkok bisa melihat peluang kerja sama melakukan produksi yang berorientasi ekspor. Produk-produk ekspor ini ditujukan untuk negara-negara di Afrika, Timur Tengah, hingga Amerika Serikat.

    "Khusus mengenai investasi yang sifatnya lebih infrastruktur, Presiden berharap upaya-upaya yang sudah dilakukan bisa dilanjutkan kembali," ujar dia. 

    Investasi di bidang infrastruktur di antaranya sinergi The Belt and Road Initiative atau Jalur Sutra modern dengan poros maritim Indonesia. Presiden berharap kerja sama ini bisa mengurangi dampak defisit Indonesia dengan Tiongkok.

    "Secara khusus Presiden berharap mudah-mudahan kerja sama bidang perdagangan ini bisa mengurangi dampak dari defisit Indonesia dengan Tiongkok," jelas dia.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id