UMP 2020 Naik 8,51%

    Desi Angriani - 17 Oktober 2019 19:41 WIB
    UMP 2020 Naik 8,51%
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Kementerian Ketenagakerjaan menetapkan kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) dan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) 2020 sebesar 8,51 persen.

    Keputusan itu tertuang dalam surat edaran nomor B-M/308/HI.01.00/X/2019 tentang Penyampaian Data Tingkat Inflasi Nasional dan Pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB).

    Dikutip Medcom.id, Kamis, 17 Oktober 20019, melalui Surat Edaran Kementerian Ketenagakerjaan tertanggal 15 Oktober lalu, kenaikan UMP tersebut dihitung berdasarkan pada data inflasi dan pertumbuhan ekonomi nasional. Rumus kenaikan upah itu pun telah diatur dalam PP Pengupahan Nomor 78 Tahun 2015 pasal 44 ayat (1) dan ayat (2).

    Surat edaran tersebut juga mengatur kewajiban gubernur dalam menetapkan besaran UMP 2020. Pertama, gubernur dapat menetapkan UMK untuk kabupaten/kota tertentu yang mampu membayar upah minimum provinsi lebih tinggi dari UMP.

    Penetapan UMP oleh gubernur harus memerhatikan rekomendasi Dewan Pengupahan Provinsi. Bagi provinsi yang masa jabatan Dewan Pengupahan Provinsinya telah berakhir, gubernur diminta membentuk Dewan Pengupahan baru.

    Lebih lanjut, daerah yang upah minimumnya (UMP dan/atau UMK) pada 2015 masih di bawah nilai kebutuhan hidup layak (KHL), wajib menyesuaikan upah minimumnya sama dengan KHL paling lambat pada 2020.

    Terdapat tujuh provinsi yang harus menyesuaikan UMP sama dengan KHL yakni Kalimantan Tengah, Gorontalo, Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat, Maluku, dan Maluku Utara.

    Adapun Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat angka inflasi nasional sebesar 3,39 persen dan pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,12 persen pada kuartal I dan II tahun berjalan.



    (HUS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id