Ekspor-Impor dengan Tiongkok Tetap Berjalan

    Nur Azizah - 06 Februari 2020 14:43 WIB
    Ekspor-Impor dengan Tiongkok Tetap Berjalan
    Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko. Foto: Antara/Jessica Helena Wuysang
    Jakarta: Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko memastikan kegiatan ekspor dan impor barang dengan Tiongkok tetap berjalan. Tidak ada penurunan volume barang industri maupun komoditas lain.

    "Di pelabuhan tidak ada penurunan impor dan ekspor. Semua masih berjalan dengan baik," kata Moeldoko usai rapat koordinasi terkait dampak virus korona di Kantor Staf Presiden, Jakarta Pusat, Kamis, 6 Februari 2020.

    Moeldoko menyebut pengiriman barang dan makanan dari Tiongkok tetap aman. Sebab, virus Korona hanya menular melalui cairan atau lendir tubuh hewan dan manusia.

    "Yang dilarang dalam rapat terbatas kemarin hanya binatang hidup yang tidak boleh masuk sini. Untuk barang, mesin, makanan, dan lain-lain boleh," ungkap dia.

    Moeldoko menegaskan pengiriman kargo melalui darat, laut, dan udara tetap berlangsung.

    Ekspor-Impor dengan Tiongkok Tetap Berjalan
    Sebuah truk melintas di kawasan Terminal Peti Kemas Otomatis Xiamen di Provinsi Fujian, Tiongkok. Foto: Antara/Nyoman Budhiana


    Direktur Pelaksana Bank Dunia terpilih Mari Elka Pangestu menyebut virus korona menambah ketidakpastian global dan memengaruhi perekonomian Indonesia. Jika ekonomi Tiongkok mengalami perlambatan satu persen, pertumbuhan ekonomi Indonesia juga akan tertekan 0,3 persen.

    Ia menjelaskan penyebaran virus korona paling berdampak terhadap sektor pariwisata meski sektor tersebut belum berkontribusi besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Salah satu cara menekan dampak ekonominya yaitu lewat stimulus fiskal.

    "Tergantung dari stimulus fiskal, juga dampak dari virus korona dan kelihatan dampak yang sudah terasa ke pariwisata ya," kata dia ditemui di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta, Rabu, 5 Februari 2020.






    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id