Mentan Sebut Lahan Tadah Hujan Bisa Produktif

    Rahmatullah - 06 Juni 2017 20:16 WIB
    Mentan Sebut Lahan Tadah Hujan Bisa Produktif
    Menteri Pertanian Amran Sulaiman. MTVN/ Rahmatullah.
    medcom.id, Sumenep: Menteri Pertanian Amran Sulaiman tidak mengkhawatirkan penyempitan lahan produktif, karena masih ada lahan tidur yang belum optimal digarap. Dia menyebut tanah tadah hujan bisa produktif jika pengairannya memadai.
     
    "Tadah hujan biasanya hanya satu kali tanam. Tapi jika petani diberi pompa (air), maka bisa tanam tiga kali," ujar Amran saat berkunjung ke Sumenep, Jawa Timur, Selasa 6 Juni 2017.
     
    Menurut Amran, tanah tadah hujan di Indonesia seluas 4 juta hektare (ha). Bisa dibayangkan betapa melimpahnya hasil pertanian jika dalam satu tahun tanam tiga kali. Selain itu, ada juga lahan pasang surut seluas 10 juta ha. Lahan ini bisa tanam sebanyak tiga kali dalam satu tahun.
     
    "Kalau semua lahan itu digarap optimal, maka hasilnya dahsyat. Menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia bukan sekadar mimpi," terang dia.
     
    Lebih lanjut, Amran menyinggung ketersediaan beras. Dia menyebut stok beras sebanyak 2 juta ton cukup digunakan selama 10 bulan ke depan. Sehingga dia meminta masyarakat tidak khawatir soal ketersediaan beras di bulan Ramadan dan Lebaran nanti.
     
    Amran mengaku baru-baru ini dipanggil Presiden Joko Widodo. Dua hal yang diintruksikan Jokowi. Pertama, pemantauan harga pangan di pasar dilakukan tiap hari, bukan per minggu seperti sebelumnya.
     
    "Sehingga tiap pagi dan sore kami pantau harga pangan. Alhamdulillah harga stabil dan stoknya aman,” ujarnya.
     
    Intruksi kedua Jokowi mewujudkan hortikultura perkebunan. Hal itu menyusul stok pangan yang masih aman dan harganya juga masih stabil. Amran menyebut sudah menyiapkan komoditas kualitas ekspor. Harapannya, negara tidak mengimpor pangan, tapi menjadi pengekspor barang ke luar negeri.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id