Kementan Operasi Pasar Stabilkan Harga Cabai dan Bawang Putih

    Eko Nordiansyah - 09 Februari 2020 11:16 WIB
    Kementan Operasi Pasar Stabilkan Harga Cabai dan Bawang Putih
    Kementerian Pertanian (Kementan) membuka operasi pasar guna menstabilkan harga cabai dan bawang putih. Foto : Medcom/Eko Nordiansyah.
    Jakarta: Kementerian Pertanian (Kementan) membuka operasi pasar guna menstabilkan harga cabai dan bawang putih. Operasi pasar dilakukan di 22 pasar di wilayah DKI Jakarta bekerja sama dengan dua Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yakni PD Pasar Jaya dan PT Food Station Tjipinang Jaya.

    Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan Agung Hendriadi mengatakan dua komoditas ini mengalami kenaikan harga dalam beberapa hari terakhir. Faktor cuaca disebut menjadi penyebab berkurangnya pasokan cabai maupun bawang putih ke DKI Jakarta.

    "Dua komoditas ini yang harganya khususnya meningkat karena di wilayah lain ada faktor cuaca dan sebagainya. Di luar Jawa masih panen tapi di Jawa agak kurang," kata dia di Toko Tani Indonesia Centre, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu, 9 Februari 2020.

    Kementan akan menggelontorkan sebanyak 20 ton bawang putih setiap harinya dalam operasi pasar ini. Sementara untuk cabai, khususnya cabai rawit merah akan disediakan sebanyak 10 ton per hari yang pasokannya didatangkan langsung dari luar Pulau Jawa.

    "Bawang putih harganya Rp30 ribu per kilogram (kg), jauh di bawah harga yang sekarang. Cabai rawit merah harganya Rp35 ribu per kg. Kami ambil jauh-jauh dari Wajo, Sulawesi Selatan, Sumatra Barat, dan Kalimantan Selatan," jelas dia.

    Sementara Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang hadir dalam peluncuran ini, berharap operasi pasar dapat menurunkan harga kebutuhan pokok di pasar. Bahkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah secara reguler melakukan operasi pasar.

    "Harapannya, pasokan kebutuhan pokok di pasar-pasar terjamin. Dengan begitu harga bisa turun dan masyarakat bisa dapat kebutuhan pokok dengan harga terjangkau," ungkap Anies.

    Operasi pasar dilaksanakan di Pasar Kramat Jati, Pasar Kebayoran Lama, Pasar Tomang Barat, Pasar Palmerah, Pasar Glodok, Pasar Jatinegara, Pasar Klender SS, Pasar Senen, Pasar Tanah Abang, Pasar Anyer Bahari, Pasar Metro Atom, Pasar Pulo Gadung, Pasar Johar Baru, Pasar Tebet Barat, Pasar Koja Baru, Pasar Petojo Ilir, Pasar Gondangdia, Pasar Pondok Labu, Pasar Mampang Prapatan, Pasar Kelapa Gading, dan Pasar Cijantung.

    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id