Soal Penurunan Bunga, BNI Ikut Mekanisme Pasar

    Eko Nordiansyah - 20 Februari 2020 21:41 WIB
    Soal Penurunan Bunga, BNI Ikut Mekanisme Pasar
    Ilustrasi. FOTO: ANTARA/Yudhi Mahatma.
    Jakarta: PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menyebut transmisi penurunan suku bunga acuan kepada suku bunga perbankan akan mengikuti mekanisme pasar. BNI menilai penurunan suku bunga oleh Bank Indonesia (BI) bertujuan untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi.

    "Kita juga akan consider mengikuti trennya, kemudian ada mekanisme pasar, kompetisi," kata Direktur Human Capital dan Kepatuhan BNI Bob Tyasika Ananta di Menara BNI, Pejompongan, Jakarta Pusat, Kamis, 20 Februari 2020.

    Dirinya menambahkan, penurunan suku bunga perbankan sudah terjadi sejak bank sentral menurunkan suku bunga acuan tahun lalu. Meskipun transmisi penurunan suku bunga baru untuk deposito, namun diharapkan bunga kredit perbankan juga akan turun ke depannya.

    "Jadi kita lihat ini message yang dikirim otoritas untuk 'eh gerakan ekonomi kita, sudah mulai turunkan bunga' nanti tinggal lihat bagaimana mekanisme pasar. Transmisinya itu melalui proses mekanisme pasar," ungkap dia.

    BNI menargetkan pertumbuhan kredit tahun ini bisa mencapai 10 hingga 12 persen. Sementara itu, penyebaran virus korona menjadi pertimbangan BNI untuk berhati-hati dalam penyalurkan kredit, sebab rasio kredit bermasalah (NPL) ditargetkan dua hingga 2,2 persen.

    BI sebelumnya memangkas suku bunga acuan atau BI 7 Days Reverse Repo Rate (BI 7-Days Repo Rate) sebesar 25 bps menjadi 4,75 persen. Kebijakan tersebut untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi domestik di tengah dampak penyebaran virus korona.

    Penurunan suku bunga acuan ini diikuti dengan penurunan suku bunga Deposit Facility sebesar 25 bps menjadi 4,00 persen, dan suku bunga Lending Facility sebesar 25 bps menjadi 5,50 persen.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id