comscore

Lima Prioritas Kerja Destry di Bank Indonesia

Husen Miftahudin - 07 Agustus 2019 13:27 WIB
Lima Prioritas Kerja Destry di Bank Indonesia
Deputi Gubernur Senior BI Destry Damayanti. (FOTO: Medcom.id/Husen Mitahudin)
Jakarta: Destry Damayanti baru saja dilantik sebagai Deputi Gubernur Senior (DGS) Bank Indonesia menggantikan Mirza Adityaswara yang habis masa jabatannya. Destry mengaku punya lima prioritas pekerjaan yang bakal dijalankan di jabatan barunya tersebut.

"Rapat pertama saya nanti malam, apa pun yang terjadi saya akan jaga komitmen untuk menjalankan tugas dan fungsi BI yang ada. Secara garis besar apa yang akan saya lakukan, seperti saat saya fit and proper kemarin, ada lima prioritas," ujar Destry usai dilantik di Gedung Mahkamah Agung (MA), Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu, 7 Agustus 2019.
Pertama, Destry bakal memperkuat bauran kebijakan (policy mix) sebagai salah satu terobosan bank sentral. Bank Indonesia akan memperkuat tugas moneter dan makroprudensial dalam menjaga daya tarik pasar keuangan domestik, sekaligus menjaga momentum pemulihan ekonomi.

Selanjutnya meningkatkan koordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan stakeholder lainnya untuk mencapai stabilitas sistem keuangan. Dia bilang, stabilitas sistem keuangan bisa tercapai dengan meningkatkan pendalaman pasar.

"Sektor keuangan kita ini masih dangkal, sehingga ada gejolak sedikit di global kita jadi goyang. Untuk itu BI, OJK, dan lain-lain harus bisa membuat market itu lebih dalam," bebernya.

Ketiga terkait dengan upaya mendigitalisasi sistem pembayaran (digital payment). Destry menyebut Bank Indonesia punya pekerjaan besar dalam menciptakan sistem pembayaran yang aman, efisien, user friendly, serta melindungi customer.

Kemudian selanjutnya terkait dengan ekonomi syariah. Potensi ekonomi syariah Indonesia sebenarnya besar, namun Destry bilang produknya masih terbatas.

"Ini jadi tantangan bagaimana menciptakan produk-produk dan instrumen keuangan syariah yang dikenal oleh para nasabah dan produk halal bisa ditingkatkan, sehingga kontribusi dari ekonomi dan keuangan syariah kita bisa meningkat," tutur dia.

Terakhir, sinergi. Mantan anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) itu menegaskan, Bank Indonesia tak akan bisa bekerja sendiri. Menurut Destry, sebagus apapun kebijakannya bila tak mendapat dukungan dari lembaga lain, kebijakan itu tak akan efektif.

"Untuk itu ke depan, sinergi dan koordinasi antara Bank Indonesia, OJK, pemerintah, DPR, apapun lembaga keuangan lainnya, LPS juga, itu akan kita terus tingkatkan. Saya pribadi memiliki komitmen yang kuat untuk meningkatkan koordinasi antara satu dengan lembaga lainnya," pungkas Destry.

(AHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id