Pertumbuhan Kredit September 2019 Melambat

    Annisa ayu artanti - 21 November 2019 20:08 WIB
    Pertumbuhan Kredit September 2019 Melambat
    Deputi Gubernur BI Perry Wajiyo. Foto : Medcom/Eko Nordiansyah.
    Jakarta: Bank Indonesia (BI) menyatakan stabilitas sistem keuangan saat ini tetap terjaga meskipun fungsi intermediasi perbankan masih menjadi perhatian.

    BI mencatat pertumbuhan kredit pada September 2019 melambat dari 8,59 persen pada Agustus 2019 menjadi 7,89 persen (yoy). Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan perlambatan ini dipengaruhi permintaan kredit korporasi yang masih dinilai kurang.

    "Pelambatan ini terutama dipengaruhi permintaan kredit korporasi yang belum kuat," kata Perry dalam konferensi pers di kantor pusat Bank Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis, 21 November 2019.

    Ia menjelaskan kurangnya permintaan korporasi ini terlihat dari hasil survei BI. BI melihat masih banyak korporasi yang belum merencanakan investasi pada 2020. Dia menjelaskan hanya 47 persen korporasi yang merencanakan investasi. Sementara sisanya belum

    "Sisa 53 persennya belum rencanakan investasi dan fokus bagaimana konsolidasi keuangan sehingga ini jadi salah satu indikator kenapa permintaan kredit masih belum kuat dari sisi korporasi," jelas dia.

    Selain itu, perlambatan pertumbuhan kredit juga dikarenakan pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) pada September 2019 menurun dibandingkan Agustus 2019, dari 7,62 persen menjadi 7,47 persen.

    Dengan mempertimbangkan perkembangan tersebut, pertumbuhan kredit perbankan 2019 diprakirakan sekitar delapan persen dan ditopang oleh pertumbuhan DPK juga sekitar delapan persen.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id