Menkeu Hitung Anggaran Pemekaran Papua Selatan

    Desi Angriani - 29 Oktober 2019 21:37 WIB
    Menkeu Hitung Anggaran Pemekaran Papua Selatan
    Ilustrasi. Foto : MI/RAMDANI.
    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani tengah menghitung anggaran pembangunan Provinsi Papua Selatan. Wilayah pemekaran ini akan mengambil Kabupaten Mappi, Kabupaten Boven Digoel, Kabupaten Asmat, dan Kabupaten Merauke.

    "Tentu ada langkah-langkah dari sisi legal, peraturan untuk mendukungnya dan nanti implikasi anggarannya," ujarnya di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa, 29 Oktober 2019.

    Menurutnya, pembangunan Papua Selatan tak bisa dipercepat lantaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019 akan tutup buku pada dua bulan mendatang.

    "Saya enggak tahu, anggaran kan di 2019 tinggal dua bulan lagi," imbuh dia.

    Dia menjelaskan pemekaran wilayah itu bisa dilakukan dengan memanfaatkan berbagai fasilitas publik dan gedung pemerintahan yang telah ada. Secara bertahap, Ani meyakini pembangunan Papua Selatan dapat rampung.

    "Kan semuanya tidak harus baru, karena dari sisi gedung pemerintah dan lain-lain menggunakan yang ada dulu. Bertahap bisa dipenuhi," pungkas dia.

    Presiden Joko Widodo sebelumnya, setuju adanya pemekaran wilayah di Papua dan Papua Barat. Salah satu provinsi itu akan bernama Papua Selatan. Pemekaran dua provinsi Papua dipastikan tak terhambat moratorium yang diterapkan Jokowi sejak 2014.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id