PT Timah Turunkan Produksi dan Ekspor

    Annisa ayu artanti - 08 Oktober 2019 22:13 WIB
    PT Timah Turunkan Produksi dan Ekspor
    Ilustrasi. Foto : MI/Ramdani.



    Jakarta: Harga timah di pasar dunia dinilai masih belum menguntungkan produsen timah. Harga logam timah di bursa berjangka hingga akhir September hanya berkisar USD16.300 per metrik ton dan hingga awal Oktober tidak ada perubahan.

    Menyikapi hal itu, Direktur Utama PT Timah Tbk M Riza Pahlevi mengatakan perusahaan telah melakukan sejumlah kebijakan yakni pengurangan produksi hingga menurunkan ekspor.






    "PT Timah menahan produksi dan penjualan timah sebagai upaya untuk merespon harga timah dunia yang menurun," kata Riza dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 8 Oktober 2019.

    Riza menjelaskan pengurangan produksi dilakukan dengan pemberhentian operasi kapal keruh (dredge). Sedangkan untuk tambang darat, efisiensi dilakukan dengan pengaturan shift kerja.

    "Tujuh kapal Isap roduksi saat ini on hold untuk tidak melakukan operasi penambangan, termasuk tambang darat sudah kita kurangi shift operasinya," jelas dia.

    Selain itu, perusahaan juga melakukan kebijakan efektivitas dan efisiensi operating cost, terutama untuk volume ekspor.

    Perusahaan juga telah mengurangi penjualan. Tercatat, sejak Juli 2019, perusahaan sudah mengurangi eskpor 1.000-1.500 ton per bulan. Saat ini perusahaan akan menambah pengurangan ekspor sekitar 1.000 ton per bulan sehingga total pengurangan ekspor mencapai 2.000-2.500 per bulan.

    Akibat posisi harga timah yang rendah ini perusahaan mengaku belum diuntungkan. "Harga saat ini belum menguntungkan jika dilihat dari apa yang sudah kami lakukan sebagai perusahaan tambang," tukas dia.

    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id