BI: Kinerja Industri Pengolahan di Kuartal II Melambat

    Husen Miftahudin - 10 Oktober 2019 12:45 WIB
    BI: Kinerja Industri Pengolahan di Kuartal II Melambat
    Ilustrasi. FOTO: dok MI.
    Jakarta: Kinerja sektor industri pengolahan pada kuartal III-2019 terindikasi ekspansif meski dengan laju yang lebih lambat dibandingkan kuartal sebelumnya.

    Hal tersebut tercermin dari Prompt Manufacturing Index (PMI) Bank Indonesia (BI) sebesar 52,04 persen pada kuartal III-2019, sedikit lebih rendah daripada 52,66 persen pada kuartal II-2019.

    "Fase ekspansi terjadi pada hampir seluruh subsektor, namun terpantau adanya perlambatan pada subsektor makanan, minuman, dan tembakau serta tekstil, barang dari kulit dan alas kaki," beber siaran tertulis BI yang dikutip Medcom.id, Kamis, 10 Oktober 2019.

    Di sisi lain, kontraksi yang terjadi pada barang kayu dan hasil hutan lainnya sejak kuartal II-2019 lalu terlihat masih berlanjut di kuartal III-2019.

    Perlambatan ekspansi kegiatan usaha diprakirakan akan terus berlanjut di triwulan IV-2019. Hal tersebut juga tercermin pada prakiraan PMI-BI kuartal IV-2019 sebesar 51,90 persen yang lebih rendah daripada kuartal sebelumnya.

    "Perlambatan ekspansi usaha diprakirakan terjadi pada beberapa subsektor seperti industri tekstil, barang kulit dan alas kaki; industri kertas dan barang cetakan; industri pupuk, kimia dan barang dari karet serta industri semen dan barang galian non logam," tutup rilis tersebut.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id