MRT dan KAI Kolaborasi Kelola 72 Stasiun di Jabodetabek

    Desi Angriani - 10 Januari 2020 12:27 WIB
    MRT dan KAI Kolaborasi Kelola 72 Stasiun di Jabodetabek
    Ilustrasi pengguna MRT. FOTO: MI/Pius Erlangga.
    Jakarta: PT MRT Jakarta (Perseroda) dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan mengelola 72 stasiun di Jabodetabek secara bersama. Pengelolaan akan berada di bawah perusahaan patungan atau joint venture bernama PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek.

    "Membentuk juga PT Moda Transportasi Jabodetabek, ini mengelola 72 stasiun," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Kementerian BUMN, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat, 10 Januari 2020.

    Anies menuturkan Pemprov DKI memiliki saham sebesar 51 persen dalam perusahaan patungan tersebut. Nantinya, PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek akan meluncurkan tiket integrasi seperti Jak Lingko.

    "Dan nanti DKI dengan TransJakarta yang memiliki Jak Lingko ini akan menjadi satu, semua transportasi darat," ungkap dia.

    Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menambahkan kerja sama pengelolaan moda transportasi publik akan meningkatkan jumlah pengguna transportasi massal menjadi 60 persen. Saat ini, pengguna transportasi umum di Jabodetabek baru mencapai 25 persen.

    "Kan baru 25 persen masyarakat yang menggunakan transportasi massal. Kita mau 60 persen ya," kata Budi.

    MRT akan bertindak sebagai project management unit yang memfasilitasi dan memonitor perkembangan pelaksanaan penataan kawasan stasiun-stasiun kereta api milik PT KAI (Persero).  

    Sementara KAI berperan dalam peningkatan prasarana di dalam stasiun, manajemen sirkulasi penumpang dan kendaraan, serta izin akses.

    Pemprov DKI Jakarta, akan mengkoordinir rencana aksi dengan pelaksanaan teknis oleh dinas-dinas terkait seperti Dinas Perhubungan, Dinas Bina Marga.



    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id