Tips Menabung untuk Rencanakan Pernikahan

    Eko Nordiansyah - 21 Juli 2019 07:00 WIB
    Tips Menabung untuk Rencanakan Pernikahan
    Ilustrasi. Medcom.id/ Ardi Yudanto
    Jakarta: Demi mewujudkan pernikahan impian para calon pengatin diimbau mempersiapkan finansial sejak jauh-jauh hari. Sebab kebutuhan dana pernikahan membuat para calon pengantin memutar otak.

    Perencana Keuangan Prita Hapsari Ghozie mengatakan calon pengantin sebaiknya mulai menyisihkan pendapatannya untuk biaya menikah. Dana yang disisihkan bisa mulai dari 10 sampai 20 persen dari pendapatan, namun bisa juga separuh dari penghasilan langsung disisihkan.

    "Spare dana bisa 10 sampai 20 persen. Kalau benar-benar ingin mengumpulkan dana pernikahan, bisa setengah dari gaji," kata Prita di kawasan Pejaten Barat, Jakarta Selatan, Sabtu, 20 Juli 2019.

    Selain itu, calon penganting juga bisa menggunakan metode value based budgeting yakni  membuat daftar nilai apa-apa saja yang harus ada dalam pernikahan dan membuat prioritasnya.

    "Metode value based budgeting itu artinya memprioritaskan apa yang menjadi nilai penting dalam hidup. Ini bisa menekan budget agar hal-hal yang tidak perlu bisa dikurangi atau bahkan dihapus," jelas dia.

    Namun begitu, dalam menentukan penggunaan adat yang akan digunakan dan pastinya akan memengaruhi biaya tentu harus dibicarakan secara terbuka. Bukan hanya antarpasangan calon pengantin, tetapi juga dengan keluarga.

    Prita menambahkan dengan memisahkan dana yang cukup besar dari pendapatan maka akan ada alokasi dana yang berkurang. Prita menyarankan calon pengantin untuk menghindari utang karena bisa menimbulkan masalah setelah menikah.

    "Konsekuensinya setelah menikah tidak boleh membawa utang. Namun perlu dikomunikasikan dengan baik seperti kebutuhan setelah nikah, misal tempat tinggal sampai menyiapkan dana pensiun," tandas dia.



    (SCI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id