Pemerintah Buka KEK di Jawa Tengah dan Jawa Timur

    Desi Angriani - 22 Juli 2019 20:50 WIB
    Pemerintah Buka KEK di Jawa Tengah dan Jawa Timur
    Illustrasi. Medcom/Ilham Wibowo.
    Jakarta: Pemerintah berencana membuka Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Jawa Tengah dan Jawa Timur. KEK tersebut dikhususkan bagi industri berorientasi ekspor atau industri yang mengolah bahan baku mejadi barang jadi atau setengah jadi.

    Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan selama ini KEK dibangun di luar Jawa agar tidak mengganggu industri lain. 

    "KEK industri di Jawa boleh tapi ada kriterianya supaya jangan kemudian mengganggu ke industri lain. KEK-nya itu fokus ke orientasi ekspor atau industri substitusi impor," ujar Darmin saat ditemui di Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Senin, 22 Juli 2019.

    Menurutnya tidak ada pembatasan terkait industri yang dibangun asalkan masuk ke dalam kriteria yang sudah ditetapkan. Kebijakan tersebut juga dibuat berdasarkan banyaknya permintaan pembangunan industri di Jawa.  

    "Aturannya juga engga ada pembatasan jadi itu hanya kebijakan," imbuh dia.

    Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menambahkan industri di Jawa Tengah akan difokuskan kepada sektor otomotif dan tekstil termasuk elektronik komponen. Sementara di Jawa Timur terkait cluster digital. 

    "Karena sudah ada yang mengusulkan itu," imbuh Airlangga.

    Adapun sebanyak 25 kawasan industri dan kawasan ekonomi khusus baru ditargetkan dapat dibangun oleh pemerintah hingga 2019. Dari jumlah ini 22 diantaranya berada di luar pulau Jawa.  

    Namun hingga kini baru 10 KEK yang telah beroperasi. Di antaranya, KEK Bitung di Sulawesi Utara, KEK Morotai di Maluku Utara, dan KEK Maloy Batuta Trans Kalimantan (MBTK) di Kalimantan Timur, KEK Sorong dan KEK Tanjung Api-Api.




    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id