Hyundai Siap Investasi USD750 Juta untuk Mobil Listrik

    Eko Nordiansyah - 20 November 2019 20:49 WIB
    Hyundai Siap Investasi USD750 Juta untuk Mobil Listrik
    Logo Hyundai. Foto : AFP.
    Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan perusahaan otomotif asal Korea Selatan Hyundai siap menginvestasikan dana sebesar USD1 miliar. Pada tahap pertama, Hyundai akan menginvestasikan USD750 juta.

    "Investasinya bertahap, totalnya bisa segitu. Awalnya USD750 juta terus ada tambahan, bertahap," kata Airlangga di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Rabu, 20 November 2019.

    Dirinya menambahkan pembangunan pabrik untuk mobil listri oleh Hyundai akan memakan waktu paling tidak sampai tiga tahun. Oleh karenanya, investasi perusahaan asal Korea Selatan itu akan dilakukan secara bertahap.

    "Kalau bangun pabrik itu kan tiga tahun, dua sampai tiga tahun, mulai tahun depan. Khusus mobil combine engine," jelas dia.

    Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebelumnya mengatakan, investasi Hyundai akan dilakukan di Karawang, Jawa Barat. Total ada 600 hektare lahan yang disiapkan.

    "Hyundai mau investasi kira-kira USD1 miliar di industri mobil listrik, di dekat Karawang (Jawa Barat) sana. Tanahnya sekitar 600 hektare. Signing kira-kira mungkin tanggal 25 atau 26 November," kata Luhut, dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 14 November 2019.

    Luhut berharap realisasi investasi perusahaan asal negeri ginseng bisa dilakukan sesegera mungkin. Ia juga meminta kepada pihak Hyundai agar nantinya mereka menggunakan bahan baku dari Indonesia. Kesemuanya diharapkan memberi efek positif terhadap aktivitas ekonomi Tanah Air.

    "Mereka sudah saya minta pakai bahan dari Morowali. Kemudian ban mobil, pesawat terbang, karet dari kita. Sekarang (investasi) Dunlop, sudah. Jadi nanti semua mobil listrik yang diproduksi di Indonesia pakai karet ban dari karet kita," ucap Luhut.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id