Tokopedia Tak Keberatan Pelapak e-Commerce Kena Pajak

    Annisa ayu artanti - 29 Januari 2019 19:45 WIB
    Tokopedia Tak Keberatan Pelapak <i>e-Commerce</i> Kena Pajak
    Tokopedia. Dok; Perusahaan.
    Jakarta: Tokopedia tidak keberatan pemerintah akan memberlakukan pajak e-commerce pada April 2019. Menurut Tokopedia adanya aturan mengenai Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 210 akan menjadi landasan untuk pelaku e-commerce taat pajak.

    "Tokopedia medukung pemerintah untuk revenue collection. Bagaimana kita melahirkan individu patuh pajak," kata Head of Corporate Communications Tokopedia Priscilla Anais di Hotel Shangri-La, Jakarta, Selasa, 29 Januari 2019.

    Namun Priscilla menambahkan perlu ada sosialisasi khusus untuk mengenai aturan PMK 210. Karena dia yakin ada reaksi yang bermacam-macam terkait aturan tersebut. 

    "Sesuatu yang kita pelajari dampaknya. Karena kita enggak tahu bagaimana masyarakat bereaksi terhadap recurement seperti ini," ujar dia.

    Seperti diketahui, dalam rangka memberikan kepastian terkait aspek perpajakan bagi pelaku usaha yang melaksanakan kegiatan perdagangan melalui sistem elektronik, pemerintah melalui Menteri Keuangan telah menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 210/PMK.010/2018 tentang Perlakuan Perpajakan atas Transaksi Perdagangan melalui Sistem Elektronik. Berdasarkan keterangan resmi Ditjen Pajak Kemenkeu ditegaskan pemerintah tidak menetapkan jenis atau tarif pajak baru bagi pelaku e-commerce.

    Pengaturan yang dimuat dalam PMK-210 ini semata-mata terkait tata cara dan prosedur pemajakan, yang dimaksudkan untuk memberikan kemudahan administrasi dan mendorong kepatuhan perpajakan para pelaku e-commerce demi menciptakan perlakuan yang setara dengan pelaku usaha konvensional. 

    Pokok-pokok pengaturan dalam PMK-210 ini adalah sebagai berikut: Pertama, bagi pedagang dan penyedia jasa yang berjualan melalui platform marketplace. Memberitahukan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) kepada pihak penyedia platform marketplace. 

    Apabila belum memiliki NPWP, pelapak dapat memilih untuk mendaftarkan diri guna memperoleh NPWP, atau memberitahukan Nomor Induk Kependudukan kepada penyedia platform marketplace.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id