Gaet Turis Tiongkok, BRI Gandeng Alipay Milik Alibaba Group

    Annisa ayu artanti - 04 Januari 2019 08:15 WIB
    Gaet Turis Tiongkok, BRI Gandeng Alipay Milik Alibaba Group
    Ilustrasi (MI/MOHAMAD IRFAN)
    Jakarta: PT Bank Rakyat Indobesia Tbk (BBRI) atau BRI menggandeng Alipay, platform pembayaran digital yang didirikan oleh Alibaba Group. Langkah itu dilakukan dalam rangka mempermudah transaksi wisatawan mancanegara yang berasal dari Tiongkok saat berkunjung ke Indonesia.

    Direktur Konsumer BRI Handayani mengatakam jumlah turis asal negeri Tirai Bambu yang datang ke Indonesia setiap tahun terus bertambah. Melihat potensi tersebut, BRI telah menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Alipay untuk mempermudah transaksi pembayaran.

    "Dalam hal ini BRI sebagai acquiring adalah bagaimana kita bisa fasilitasi transaksi dengan Alipay dan alat pembayaran di merchant-merchant yang kerja sama dengan kita," kata Handayani, di Kantor Pusat BRI, Jakarta, Kamis, 4 Januari 2018.

    Handayani menuturkan sistem pembayaran melalui Alipay ini nantinya akan fokus di destinasi-destinasi wisata yang memiliki catatan jumlah wisatawan Tiongkok yang banyak seperti Bali. "Ya salah satunya di Bali. Fokus saat ini Bali karena salah satu destinasi favorit untuk turis Tiongkok," ucap dia.

    Lebih lanjut, Handayani menambahkan, sistem pembayaran dengan Alipay ini berbeda dengan Visa dan MasterCard. Adapun saat ini, BRI tengah melakukan sinkronisasi dengan development IT.

    "Kita sedang coba membangun kira-kira bagaimana akomodasi ini, jadi ada yang dibangun di sistem IT. Karena sistemnya pasti beda dengan Visa dan Mastercard. Selain tentu GPN kita juga, jadi nanti tentu ada tambahan lagi yang terkait alat pembayaran dari Tiongkok," tutur dia.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id